Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangan Sakit, Cal Crutchlow Absen di MotoGP Italia

Kompas.com - 21/05/2024, 14:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash.net

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha mengumumkan bahwa pebalap tes, Cal Crutchlow akan absen di MotoGP Italia, yang akan digelar di Sirkuit Mugello, pada awal Juni 2024.

Pebalap asal Italia itu rencananya ikut balap tapi terpaksa absen karena ada masalah pada lengan kanan yang tak kunjung membaik. Sehingga Crutchlow harus beristirahat dan memilih memulihkan kondisi.

Baca juga: Bukan Cuma Aki, Ini Komponen yang Rusak jika Mobil Jarang Dipakai

“Pebalap penguji resmi menderita sakit tangan kanan tahun ini dan menjalani prosedur untuk memperbaikinya.

Test rider Yamaha MotoGP Cal CrutchlowDok. Paddock GP Test rider Yamaha MotoGP Cal Crutchlow

Namun, komplikasi menghalanginya untuk masuk GP Italia," tulis Yamaha dikutip dari Crash, Selasa (21/5/2024).

Cruthlow awalnya diposting untuk ikut tiga seri mulai MotoGP Italia Mugello, MotoGP Inggris Silverstone, dan MotoGP Italia, di Misano pada September mendatang.

Baca juga: Lewat Tol Layang MBZ, Puluhan Kendaraan Barang dan Bak Terbuka Ditindak

Absennya Crutchlow membawa kemunduran buat Yamaha. Sebab dengan hanya dua motor tanpa tim satelit, adanya Crutchlow maksudnya untuk menambah data yang diperlukan tim buat pengembangan motor.

Bicara soal pencapaian Yamaha musim Yamaha belum menunjukkan perubahan ke arah yang lebih baik. Dua pebalapnya yaitu Fabio Quartararo dan Alex Rins masih tertatih di klasemen bawah.

Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Perancis 2024@mj_photogp Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Perancis 2024

Baca juga: Baterai Kendaraan Listrik Masuk Kategori Limbah B3?

Meski demikian Yamaha tidak menyerah, Direktur Teknis Yamaha, Max Bartolini, mengatakan, dia punya cara bagaimana memperbaiki motor Yamaha YZR-M1.

“Kami kemudian mencoba memahami apa yang bisa dilakukan. Jelas, selama arsitektur mesinnya tetap berbeda, motornya akan berbeda secara radikal. Oleh karena itu, banyak konsep yang digunakan di Ducati sangat sulit diterapkan di sini," katanya.

Bartolini mengatakan, untuk mengimbangi kompetitor maka Yamaha harus fokus pada dua hal yaitu aerodinamika dan kerja piranti elektronik. Sebab diakui atau tidak, perangkat elektronik sangat menentukan di zaman MotoGP modern.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com