Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vinfast Targetkan Produksi 50.000 Unit Mobil Listrik per Tahun

Kompas.com - 19/05/2024, 08:02 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

HAI PHONG, KOMPAS.com – Produsen mobil listrik asal Vietnam, Vinfast, memastikan untuk membangun pabrik di Indonesia. Rencananya, Indonesia bakal jadi basis produksi mobil listrik Vinfast.

“Kami menargetkan kapasitas produksi 50.000 unit dalam setahun,” ujar Temmy Wiradjaja, CEO Vinfast Indonesia di Hai Phong, Vietnam (16/5/2024).

Dalam debutnya di pameran IIMS 2024, perusahaan menghadirkan sejumlah model kendaraan dari segmen A-SUV sampai E-SUV, yaitu VF 5, VF e34, VF 6, VF 7, VF 8, dan VF 9.

Baca juga: Foto Viral Vespa Buluk Dilego Rp 475 Juta, Sempat Dihina tapi Ini Faktanya

Vinfast pastikan pembangunan pabrik mobil listrik di Indonesia.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Vinfast pastikan pembangunan pabrik mobil listrik di Indonesia.

Kabarnya, produk-produk tersebut merupakan model masa depan yang akan dihadirkan di Indonesia secara bertahap. Adapun untuk model yang bakal diproduksi lebih dulu adalah VF e34, lalu menyusul VF5.

Sebagai informasi, pabrik VinFast di Hai Phong, Vietnam memiliki luas 335 hektar dengan kapasitas produksi maksimum hingga 300.000 mobil listrik per tahun.

Kehadiran pabrik di Indonesia menjadi menjadi strategi Vinfast untuk ekspansi secara global di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Eropa, Afrika Selatan, India, Srilanka, Pakistan, Thailand, dan Filipina.

“Ini pabrik (Vinfast yang di Vietnam) juga masih bisa diperluas, lihat kan banyak tanah kosong,” kata Temmy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com