Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor China Banyak yang Jiplak Desain, Ini Kata Yamaha

Kompas.com - 08/05/2024, 17:41 WIB
Adityo Wisnu Prabowo,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Seperti sudah menjadi hal yang lumrah kalau pabrikan asal China menjiplak desain sepeda motor merek lain. Hal ini terjadi karena desain juga menjadi salah satu poin utama selain harga untuk menarik konsumen.

Seperti merk asal China, Huaying yang meniru desain Yamaha R6. Motor ini dibanderol hanya Rp 49 jutaan.

Motor China Huaying R6Kompas.com/Adityo Wisnu Motor China Huaying R6

Lalu bagaimana sikap Yamaha Indonesia? Asst GM Marketing & Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro mengatakan, pihak Yamaha pusat sudah melihat masalah ini.

"Sebenarnya bukan hanya Nmax. Ada beberapa model lain dan di beberapa negara juga itu benar-benar dijiplak. Artinya, saat ini kita menunggu (langkah) dari prinsipal terkait upaya dan sikap dari mereka," ucap Antonius saat bertemu media di Solo (4/5/2024).

Antonius juga menjelaskan bahwa Yamaha Indonesia menunggu instruksi dari Yamaha Motor Corporation (YMC) terkait hal ini.

"Kita mengikuti kalau memang ternyata ada upaya dan kalau kita diminta untuk mendukung ya pasti kita membantu mereka, (prinsipal Yamaha)," jelas Antonius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com