Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Wuling Masih Pakai Tipe Colokan yang Tidak Umum

Kompas.com - 04/05/2024, 15:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua model mobil listrik Wuling sudah resmi dijual di Tanah Air, yakni Air ev dan Binguo EV. Kedua mobil listrik ini menggunakan tipe charging yang berbeda dari yang ada di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Charging tipe GB/T memang banyak digunakan pada mobil listrik asal Tiongkok, hal ini sejalan dengan standarisasi di negeri matahari terbit itu. Sedangkan di Indonesia, pengisian listriknya kebanyakan menggunakan soket type 2.

Baca juga: Diskon Motor Listrik Yadea di PEVS 2024 Tembus Rp 7,9 Juta

Sehingga para pemilik Wuling Air ev maupun pemilik mobil listrik dengan charging tipe GB/T harus menggunakan adaptor saat mengisi daya di SPKLU.

Kendati demikian, Dian Asmahani, Sales & Marketing Director Wuling Motors mengatakan, konsumen Wuling tidak mengalami kendala meski tipe charging yang digunakan masih GB/T.

Wuling Binguo EVKompas.com/Donny Wuling Binguo EV

“Tidak ada masalah dengan GB/T karena ini global platform. 90 persen konsumen charge di rumah, secara ekosistem untuk cas di rumah kita support. Kita beri free 7 kW charging AC plus pemasangan dan penambahan daya yang kita bekerja sama dengan PLN dan Haleyora,” ucap Dian, di JIExpo, Kemayoran, belum lama ini.

Baca juga: Kencan Singkat dengan Mobil Listrik Neu Citi di PEVS 2024

Dian melanjutkan, pihaknya juga berkomitmen untuk menghadirkan public charging agar konsumen bisa dengan mudah melakukan pengisian daya.

“Sudah ada 7 charging ekslusive buat Wuling dan sudah beroperasi. Konsumen Wuling juga sudah bisa menikmati free charging di Indonesia sampai bulan Mei,” kata Dian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com