Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Wuling Cloud EV yang Meluncur Bulan Depan, Rp 410 Juta

Kompas.com - 01/05/2024, 08:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai perusahaan otomotif nasional menyajikan banyak hal yang menarik pada ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024, yang digelar selama 30 April 2024 sampai 5 Mei 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Salah satunya adalah Wuling Motors Indonesia yang mengumumkan estimasi harga mobil listrik terbarunya Cloud EV yang diperkirakan Rp 410 juta.

“Di momen spesial ini, kami mengumumkan bahwa Cloud EV kini dapat dipesan dan dicoba di PEVS 2024. Ini adalah langkah besar dalam komitmen kami untuk membawa teknologi ramah lingkungan yang inovatif kepada konsumen Indonesia,” ucap Dian Asmahani selaku Sales & Marketing Director Wuling Motors, Selasa (30/4/2024).

Baca juga: MG Maxus 9 Kembali Mejeng di PEVS 2024, Status Masih Belum Dijual

Sebagai informasi, mobil ini sebelumnya sudah diperkenalkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Hanya saja Wuling Motors belum mengumumkan harganya, cuma bocoran varian yang tersedia 460 Km dan 505 Km.

Wuling menerapkan desain eksterior dengan lekukan halus di setiap sisi Cloud EV. Sektor pencahayaan sudah menggunakan Automatic LED Headlight serta DRL yang membentang di bagian depan.

Wuling Cloud EV di IIMS 2024KOMPAS.com/FATHAN Wuling Cloud EV di IIMS 2024

Pada sisi samping, disematkan pintu dengan model Flushed Door Handle, sementara bagian kaki-kaki disokong dengan pelek 18 inci Ferris-shaped Alloy Wheels. Adapun di bagian belakang, terdapat lampu Horizon Skyline Tail Light yang membuat tampilannya lebih menarik.

Berlanjut ke bagian interior, Cloud EV menerapkan rasio pemanfaatan ruang hingga 84.7 persen sehingga memaksimalkan ruang kaki yang nyaman bagi seluruh penumpang baik baris pertama maupun kedua.

Hal tersebut juga didukung dengan konfigurasi lima bangku ergonomis berbahan kulit serta pengaturan kursi baris depan yang dapat dilakukan dengan mudah berkat adanya fitur electric seat adjuster.

Penggunaan material soft touch pada setiap sudut interior dengan panel berwarna rose gold turut mempercantik nuansa kabin Cloud EV.

Baca juga: Rencana Serius Grup Astra Garap Pasar BEV Indonesia

Wuling Cloud EV di IIMS 2024KOMPAS.com/FATHAN Wuling Cloud EV di IIMS 2024

Seluruh keunggulan pada interior Cloud EV semakin lengkap dengan adanya layar besar Intelligent Head Unit 15.6 inci yang berfungsi sebagai pusat kendali kendaraan dan fitur entertainment serta layar MID berukuran 8.8 inci pada bagian dashboard.

Kendaraan listrik ketiga Wuling ini juga dilengkapi dengan beragam fitur teknologi pintar, seperti Wuling Smart Ecosystem untuk menunjang pengalaman berkendara yang tenang dan aman.

Ragam inovasi tersebut terdiri dari Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang terbagi menjadi empat kategori, yakni Adaptive Cruise, Lane Recognition, Safe Distance & Braking Assistance, dan Automatic Light.

Beralih ke inovasi selanjutnya, yakni fitur Wuling Indonesian Command (WIND). Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk membuka bagasi, mengetahui sisa daya baterai, sampai dengan mengganti mode berkendara.

Baca juga: Diskon Honda EM1e: Tembus Rp 8,5 Juta di PEVS 2024

Fitur ADAS Wuling Cloud EVKompas.com/Adityo Fitur ADAS Wuling Cloud EV

Terdapat fasilitas vehicle status monitoring via MyWuling+ menyajikan informasi penting untuk penggunanya mengenai kendaraan secara real-time. Beberapa informasi yang tersedia seperti lokasi kendaraan, total odometer, sisa daya baterai dan jarak tempuh, hingga status fungsi kendaraan.

Ada juga All-Around 360 derajat Camera, Wireless Charger, USB Port dengan kemampuan Fast Charging 20W, hingga 6 speaker turut tersemat pada mobil listrik ini.

Cloud EV menawarkan empat opsi mode berkendara, yakni ECO, ECO+, Sport, dan Normal.

Baca juga: Keeway EV Perkenalkan Empat Motor Listrik Baru, mulai Rp 7 Jutaan

Selain itu terdapat ragam fitur keselamatan dihadirkan yang terdiri dari Auto Vehicle Holding (AVH), Electric Parking Brake (EPB), Electronic Stability Control, ABS & EBD, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), ISOFIX, sampai dengan 4 SRS Airbags turut mendukung perjalanan yang aman dan nyaman bagi para pengguna Cloud EV.

Cloud EV juga didukung baterai Lithium Iron Phosphate (LFP) dengan sertifikasi IP67 yang aman sehingga memberi ketenangan selama penggunaan sehari-hari. Sayangnya belum ada bocoran berapa kapasitas baterai yang digunakan.

Pada ajang PEVS 2024 Wuling menampilkan 10 unit mobil di booth seluas 606 meter persegi. Ragam unit tersebut terdiri dari tiga unit Air ev meliputi tipe Long Range, Standard Range, dan Lite, tiga unit BinguoEV, serta 4 unit Cloud EV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com