Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karakteristik Konsumen Mobil Daihatsu di Indonesia

Kompas.com - 29/04/2024, 14:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menjadi salah satu produsen otomotif yang menjual kendaraan dengan harga terjangkau di Indonesia.

Rentang harga mobil Daihatsu berada di kisaran Rp 100 juta sampai Rp 300 juta untuk versi tertinggi.

Untuk diketahui, 70 persen konsumen Daihatsu saat ini memang merupakan first car buyer atau pembeli mobil pertama. Tak heran jika pabrikan otomotif asal Jepang itu menghadirkan kendaraan dengan banderol yang terjangkau.

“Penjualan kami didominasi oleh first car buyer consumer, mungkin sampai 70 persen. Jadi kami terus pertimbangkan apa keinginan dan kebutuhan mereka,” ucap Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT ADM di Bekasi, Minggu (28/4/2024).

Baca juga: Ingat Selalu Ada Bahaya Berkendara di Sisi Ban Truk

Agung melanjutkan, karakteristik konsumen Daihatsu adalah mereka yang menginginkan kendaraan dengan harga yang murah serta bahan bakar yang efisien.

Daihatsu Terios 7 Wonders Ternate-HalmaheraADM Daihatsu Terios 7 Wonders Ternate-Halmahera

Seperti konsumen di Kota Bekasi, Jawa Barat, yang juga menjadi salah satu kontributor penjualan Daihatsu yang signifikan.

Diketahui lebih dari 3.000 unit per bulan kendaraan Daihatsu yang dijual di wilayah tersebut.

“Lebih ke arah hal-hal yang dia pertimbangkan dalam kepemilikan kendaraan, satu harga yang terjangkau, kemudian mudah belinya, kalau mau kredit DP-nya mudah, bisa diatur tenor panjang, dan ketiga adalah efisiensi di bahan bakar,” kata Agung.

Baca juga: Food Truck di Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi, Semuanya Pakai Gran Max

Tim Merapah Trans-Jawa 2024 Pesona Pesisir Selatan Jawa aygn mengandalkan Daihatsu Xenia 1.5 R CVT MT pada etape pertamaTim Kompas.com Tim Merapah Trans-Jawa 2024 Pesona Pesisir Selatan Jawa aygn mengandalkan Daihatsu Xenia 1.5 R CVT MT pada etape pertama

Sebagai informasi, saat ini Daihatsu Ayla menjadi mobil paling murah yang ditawarkan oleh Daihatsu dengan harga Rp 135 juta. Sedangkan untuk banderol termahal adalah Daihatsu Terios dengan harga Rp 306 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com