Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Penggantian Modul Keyless Motor, Bisa Tembus Rp 4 Juta

Kompas.com - 23/04/2024, 08:02 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor-motor lansiran terbaru, khususnya yang berjenis skutik, biasanya sudah dibekali fitur pengaman keyless dengan immobilizer. Sesuai namanya, teknologi ini memungkinkan mesin diaktifkan menggunakan kunci khusus berupa smart key.

Cara kerja smart key juga berbeda dengan kunci konvensional, karena sepenuhnya mengandalkan sensor yang terkoneksi langsung dengan perangkat engine control module (ECM) dan engine control unit (ECU). Mesin bisa menyala, tanpa perlu memutar anak kunci, seperti motor konvensional, mirip mobil zaman modern.

Walaupun punya banyak keunggulan, fitur pengaman jenis ini punya satu kekurangan. Jika kunci smart key hilang dan tidak ada cadangan, modul sensor praktis mati dan motor tidak bisa dinyalakan.

Baca juga: Aleix Espargaro Sebut Peran Penting Pebalap Tes

Honda Smart Key SystemDok. AHM Honda Smart Key System

Anto Hananto, Kepala Bengkel AHASS 88 Tangerang menjelaskan, ada dua opsi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini, yakni dengan cara membuat kunci duplikat menggunakan kode sensor barcode, atau mengganti modul ECM dan ECU.

“Kunci smart key masih bisa diduplikat pakai kode barcode, pasti dikasih ketika pertama beli motor. Nanti kode yang dari barcode itu bakal didaftarkan ke kunci yang baru, supaya sensornya kebaca lagi,” ucapnya kepada Kompas.com, Minggu (21/4/2024).

Baca juga: Pemilik Mini Market Harus Tegas ke Tukang Parkir Liar

Modul ECM pada skutik, berisi sensor untuk membaca sinyal dari kunci smart keyKompas.com/Daafa Alhaqqy Modul ECM pada skutik, berisi sensor untuk membaca sinyal dari kunci smart key

Jika pengguna jugakehilangan kode barcode dan tidak memiliki cadangan lain, satu-satunya solusi adalah mengganti keseluruhan sistem keyless. Perlu diketahui, biayanya terbilang cukup mahal.

“Estimasi ganti fitur keyless itu biayanya Rp 4 juta belum termasuk jasa, ya memang mahal. Modul ECM sendiri harganya sekitar Rp 2 juta, ECU Rp 1 juta, lalu smart key baru juga sekitar Rp 1 juta,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com