Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Pengendara Mobil Nyaris Jadi Korban Kejahatan Modus Ban Kempis

Kompas.com - 22/04/2024, 15:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi perampokan dengan meneriaki korban ban mobil kempis atau pecah kembali terjadi. Insiden itu diunggah oleh akun Instagram bernama @kamalxdc, Senin (22/4/2024).

Dalam rekaman itu memperlihatkan aksi kejar-kejaran korban dengan mobil dan motor yang diduga hendak melakukan kejahatan dengan modus pecah ban.

Afifudin Kamal yang nyaris menjadi korban kejahatan modus ban mobil kempis menceritakan pengalamannya kepada Kompas.com. Ia mengatakan, insiden itu terjadi di Jalan Yos Sudarso, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (20/4/2024).

Baca juga: Citroen C3 Aircross Meluncur Besok, Intip Bocoran Spesifikasinya

“Saat itu kami berempat, saya beserta abang dan kakak ipar saya serta anaknya pulang ke Medan, setelah pulang kampung dari Jambi, dengan sopir abang saya. Karena mau masuk tol Pekanbaru, dan sudah malam, abang saya memutuskan istirahat pada Jumat malam di hotel daerah Pekanbaru,” kata Afifudin, kepada Kompas.com Sabtu (22/4/2024).

Keesokan harinya, Afif bersama para kerabat kembali melanjutkan perjalanan ke Medan. Ia memutuskan untuk melakukan perjalanan di pagi hari untuk menghindari macet.

“Esoknya kami berangkat pagi agar menghindari macet di Pekanbaru, sekitar jam 5 pagi kami ke luar dari hotel. Di jalan abang saya ingin menghirup udara segar dan membuka kaca samping mobil,” ucap Afif.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kamal (@kamalxdc)

“Pada saat itu selang beberapa saat ada seorang anak mengendarai sepeda motor matik mengatakan di samping bahwa ban kempis tapi dengan suara yang tidak jelas dan sambil memegang handphone dari situ saat abang saya rasakan tidak ada ban kempis kami langsung sadar bahwa itu modus setelah itu abang saya teriaki apa,” lanjutnya.

Merasa ada yang tidak beres, Afif berinisiatif untuk mencari kantor polisi terdekat. Namun tak berselang lama, muncul mobil hitam menghampiri mobil Afif dan menyuruh menepi.

“Kami berusaha lari mencari polsek terdekat tapi saat kami sudah mendekati polsek (kepolisian sektor rumbai barat) mereka sudah tidak mengejar dan akhirnya kami pergi ke tol,” kata Afif.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, pemilik kendaraan bisa mencegah modus pecah ban dengan melakukan langkah-langkah antisipasi.

Pertama, ada baiknya jika pemilik mobil mengenali kendaraan sebelum dikemudikan, ini bertujuan untuk memastikan ada atau tidaknya hal-hal yang tidak normal pada kendaraan.

“Ini juga butuh kesensitifan yang dalam terhadap kendaraannya. Caranya bagaimana? Biasakan di awal berkendara melakukan observasi dengan cara bertahap, mulai dari perlahan sampai dengan paham,” kata Sony.

Sony melanjutkan, pengemudi sebaiknya juga melakukan pengecekan terhadap kendaraan secara rutin dan detail, agar bisa meminimalisir adanya risiko-risiko kerusakan dalam perjalanan.

Ban kempis setelah meledakshutterstock Ban kempis setelah meledak

“Keselamatan nomor satu, bisa saja ada pihak lain yang menginformasikan adanya kerusakan atau kekurangan pada kendaraan. Tetapi keputusan untuk berhenti, memeriksa dan memperbaiki itu harus dilakukan di tempat, kondisi dan lingkungan yang aman,” kata Sony.

Sementara itu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, kejahatan modus lama ini seharusnya bisa dihindari oleh para pengemudi mobil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com