Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Bocimi Ditargetkan Bisa Dibuka Fungsional H+1 Lebaran

Kompas.com - 10/04/2024, 08:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) di KM 64+600 A yang mengalami longsor pada Rabu malam pekan lalu (3/4/2024) telah mendapat penanganan.

Menurut Basuki, jika sesuai target selesai nanti malam, maka selanjutnya pada Rabu (10/4/2024) pagi, akan dilakukan pembersihan badan jalan.

"Sehingga diupayakan pada hari Kamis (11/4/2024) sudah dapat dibuka satu lajur fungsional sebagai cadangan kalau terjadi kemacetan di jalur nasional,” ujar Basuki, dalam keterangan resmi, Selasa (9/4/2024).

Baca juga: Gran Max yang Kecelakaan di Km 58 Diduga Travel Gelap, Ini Kata Pengusaha Bus

Penampakan longsor di Tol Bocimi Sukabumi dengan kondisi tanah yang terlihat masih bergerak, Kamis (4/4/2024). TRIBUNJABAR.ID/M RIZAL JALALUDIN Penampakan longsor di Tol Bocimi Sukabumi dengan kondisi tanah yang terlihat masih bergerak, Kamis (4/4/2024).

“Nanti untuk teknisnya akan diatur oleh pihak kepolisian," kata dia.

Selanjutnya untuk penanganan permanen, Menteri Basuki mengatakan akan dilakukan setelah periode Mudik Lebaran 2024.

"Berhubung libur Lebaran, setelah H+3 Lebaran material baru bisa datang lagi. Kita mulai kerja untuk penanganan permanen dan akan kita upayakan selesai dalam waktu sekitar dua hingga tiga bulan," ucap Basuki.

Baca juga: Pentingnya Menerapkan Rumus 3 Detik di Jalan Tol Saat Perjalanan Mudik

Seperti diketahui, kejadian tanah longsor yang terjadi di Jalan Tol Bocimi Km 64 arah Sukabumi, Jawa Barat, telah membuat lajur utama jalan Tol Bocimi berlubang besar.

Imbasnya kendaraan dari arah Jakarta yang menuju Sukabumi dialihkan untuk menggunakan jalur arteri pada Gerbang Tol Cigombong.

Selanjutnya, kendaraan yang hendak melanjutkan perjalanan menuju Sukabumi, akan kembali diarahkan masuk ke jalur Tol Bocimi melalui Gerbang Tol Parungkuda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com