Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tol Bocimi Ditargetkan Bisa Dibuka Fungsional H+1 Lebaran

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) di KM 64+600 A yang mengalami longsor pada Rabu malam pekan lalu (3/4/2024) telah mendapat penanganan.

Menurut Basuki, jika sesuai target selesai nanti malam, maka selanjutnya pada Rabu (10/4/2024) pagi, akan dilakukan pembersihan badan jalan.

"Sehingga diupayakan pada hari Kamis (11/4/2024) sudah dapat dibuka satu lajur fungsional sebagai cadangan kalau terjadi kemacetan di jalur nasional,” ujar Basuki, dalam keterangan resmi, Selasa (9/4/2024).

“Nanti untuk teknisnya akan diatur oleh pihak kepolisian," kata dia.

Selanjutnya untuk penanganan permanen, Menteri Basuki mengatakan akan dilakukan setelah periode Mudik Lebaran 2024.

"Berhubung libur Lebaran, setelah H+3 Lebaran material baru bisa datang lagi. Kita mulai kerja untuk penanganan permanen dan akan kita upayakan selesai dalam waktu sekitar dua hingga tiga bulan," ucap Basuki.

Seperti diketahui, kejadian tanah longsor yang terjadi di Jalan Tol Bocimi Km 64 arah Sukabumi, Jawa Barat, telah membuat lajur utama jalan Tol Bocimi berlubang besar.

Imbasnya kendaraan dari arah Jakarta yang menuju Sukabumi dialihkan untuk menggunakan jalur arteri pada Gerbang Tol Cigombong.

Selanjutnya, kendaraan yang hendak melanjutkan perjalanan menuju Sukabumi, akan kembali diarahkan masuk ke jalur Tol Bocimi melalui Gerbang Tol Parungkuda.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/04/10/082200915/tol-bocimi-ditargetkan-bisa-dibuka-fungsional-h-1-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke