Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Resmikan Tol Bocimi Seksi II, Pangkas Waktu Perjalanan Jakarta-Sukabumi

Kompas.com - 04/08/2023, 16:56 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tol Bocimi (Bogor, Ciawi, Sukabumi) Seksi II yang menghubungkan dari Cigombong ke Cibadak resmi dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo, Jumat (4/8/2023).

Pada acara peresmian, Joko Widodo menceritakan pengalamannya lewat jalan non-tol saat berkunjung ke Sukabumi. Memang, sebelum jalan tol dibuka, jalan provinsi di Sukabumi dipenuhi dengan pabrik dan pasar.

"Alhamdulillah rampung untuk ruas Cigombong-Cibadak. Ini akan mempercepat perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi, biasanya lima jam sekarang jadi dua jam sampai 2 jam 30 menit," kata Joko Widodo, dikutip dalam video yang diunggah Sekretariat Presiden di Youtube, Jumat (4/8/2023).

Baca juga: Tol Bocimi Seksi II Siap Diresmikan, Jakarta-Sukabumi Cuma 2,5 Jam


Jokowi, sapaan Presiden RI, mengatakan, sebelum adanya tol, perjalanan dari Jakarta sampai Sukabumi bisa memakan waktu enam jam, delapan jam, sampai sembilan jam. Berbagai hal menjadi penyebabnya, seperti pasar dan bubaran pekerja dari pabrik.

"Saya mengalami sendiri, pernah hampir enam jam. Artinya, mobilitas orang dan barang semakin cepat dengan hadirnya jalan tol ini," ucap Jokowi.

Redaksi Kompas.com pun mencoba menghitung seberapa waktu yang terpotong kalau melakukan perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi. Menggunakan aplikasi Maps, titik keberangkatan dari Istana Merdeka dan tujuannya ke Kota Sukabumi.

Baca juga: Pengakuan Pelaku Curanmor, Mudahnya Bobol Kunci Magnet Honda Beat


Berdasarkan aplikasi peta, perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi bisa ditempuh selama tiga jam. Namun, pada aplikasi tersebut, ruas Cigombong-Cibadak belum dibuka, jadi sedikit lebih lama.

Perkiraan, kalau ruas tersebut sudah dibuka maka bisa menghemat perjalanan 30 menit sampai satu jam. Maka, total perjalanan bisa ditempuh dua jam sampai dua jam 30 menit dengan tarif perkiraan Rp 31.500.

Adapun kalau lewat jalan non-tol, perjalanan yang sama lewat aplikasi peta bisa ditempuh selama lebih dari lima jam. Perlu diingat, kondisi di jalan saat perjalanan bisa berubah, apalagi waktu sore ketika karyawan pabrik pulang kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com