Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Jakarta Bebas Ganjil Genap | Contraflow Rekayasa Lalu Lintas Paling Berbahaya | Pentingnya Jaga Jarak Aman Saat Mudik

Kompas.com - 09/04/2024, 06:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang libur Lebaran 2024, banyak pembaca yang ingin tahu lebih lanjut soal Jakarta yang akan bebas dari aturan ganjil genap pekan ini. Berita mengenai contraflow sebagai rekayasa lalu lintas paling berbahaya juga banyak membuat orang penasaran.

Selain itu, masih berkaitan dengan kecelakaan beruntun di GT Kalikangkung, banyak pembaca yang membaca tentang pentingnya menjaga jarak aman saat mudik. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini deretan artikel otomotif terpopuler pada Senin (8/4/2024):

1. Catat, Pekan Ini Jakarta Bebas Aturan Ganjil Genap

Kendaraan bermotor melambat akibat terjebak kemacetan di jalan Jenderal Sudriman, Jakarta Pusat, Kamis (8/8/2019). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk memperluas sistem pembatasan kendaraan bermotor berdasarkan nomor polisi ganjil dan genap. Sosialisasi perluasan ganjil genap dimulai dari 7 Agustus hingga 8 September 2019. Kemudian, uji coba di ruas jalan tambahan dimulai pada 12 Agustus sampai 6 September 2019.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Kendaraan bermotor melambat akibat terjebak kemacetan di jalan Jenderal Sudriman, Jakarta Pusat, Kamis (8/8/2019). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk memperluas sistem pembatasan kendaraan bermotor berdasarkan nomor polisi ganjil dan genap. Sosialisasi perluasan ganjil genap dimulai dari 7 Agustus hingga 8 September 2019. Kemudian, uji coba di ruas jalan tambahan dimulai pada 12 Agustus sampai 6 September 2019.

Aturan pembatasan lalu lintas dengan skema ganjil genap (gage) diliburkan pada pekan ini berdasarkan keputusan Polda Metro Jaya. Alasannya karena agenda Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Gage ditiadakan mulai Sabtu (6/4/2024) sampai Senin (15/4/2024).

Informasi ini disampaikan oleh Kepolisian RI (Polri) melalui akun instagra resmi @divisihumaspolri, dijelaskan pula alasan peliburan tersebut.

Baca juga: Catat, Pekan Ini Jakarta Bebas Aturan Ganjil Genap

2. Jangan Bawa Power Inverter Saat Mudik, Bikin Aki Mobil Cepat Soak

Jangan pakai power inverter di mobilFlickr/AndyArthur Jangan pakai power inverter di mobil

Supaya mudik Lebaran tetap aman dan nyaman, masyarakat dianjurkan untuk mempersiapkan semua kebutuhan penunjang selama perjalanan. Baik itu peralatan wajib, ataupun aksesori pendukung. Perlu diingat, ada beberapa aksesori yang kelihatannya bisa mendukung perjalanan, tapi ternyata sebaliknya.

Alih-alih membantu, justru bisa mencelakai kendaraan. Satu contoh aksesori dimaksud adalah power inverter alias suplai daya dengan kemampuan mengubah arus AC menjadi DC. Manfaatnya memang cukup bagus dan bermafaat, tapi ternyata bisa membuat aki mobil soak.

Baca juga: Jangan Bawa Power Inverter Saat Mudik, Bikin Aki Mobil Cepat Soak

3. Kecelakaan Km 58, Ini Alasan Contraflow adalah Rekayasa Lalu Lintas Paling Berbahaya

Contraflow Tol Jakarta-Cikampek dari Km 47 mulai diberlakukanJASA MARGA Contraflow Tol Jakarta-Cikampek dari Km 47 mulai diberlakukan

Rekayasa lalu lintas contraflow menurut pakar safety merupakan opsi paling berbahaya dari model lain seperti one way atau ganjil genap. Apalagi baru ini kejadian kecelakaan mobil yang oleng dari jalur contraflow lalu menabrak bus dari arah berlawanan.

Training Director & Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, contraflow paling berbahaya karena memakai jalur lawan dan kendaraan dari arah berlawanan masih ada.

Baca juga: Kecelakaan Km 58, Ini Alasan Contraflow adalah Rekayasa Lalu Lintas Paling Berbahaya

4. Ganjil Genap Masih Tetap Berlanjut Selama Mudik Lebaran 2024

Ilustrasi pengaturan lalu lintas saat mudik Lebaran. Jadwal ganjil genap mudik Lebaran 2024.KEMENHUB Ilustrasi pengaturan lalu lintas saat mudik Lebaran. Jadwal ganjil genap mudik Lebaran 2024.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan memastikan pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap masih akan tetap dilanjutkan selama periode mudik Lebaran 2024.

Sebab pengaturan tersebut telah terbukti mampu mengurai kepadatan arus lalu lintas meskipun potensi pergerakkan masyarakat saat mudik tahun ini mengalami peningkatan hingga 36 persen dari sebelumnya.

Baca juga: Ganjil Genap Masih Tetap Berlanjut Selama Mudik Lebaran 2024

5. Kecelakaan Beruntun di GT Kalikangkung, Pentingnya Jaga Jarak Aman Saat Mudik

Kecelakaan beruntun di GT Kalikangkung, Minggu (7/4/2024).Tangkapan layar Kecelakaan beruntun di GT Kalikangkung, Minggu (7/4/2024).

Pemudik yang melewati jalan tol diimbau untuk selalu menjaga jarak aman agar tidak mengalami kecelakaan beruntun. Seperti video unggahan akun Instagram @portalsemarang, Minggu (7/4/2024), di mana terjadi kecelakaan beruntun di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Km 418.

Terlihat dalam video tersebut ada empat mobil yang terlibat dalam kecelakaan tersebut, dan ada salah satu warganet yang menuliskan kronologi peristiwa tersebut.

Baca juga: Kecelakaan Beruntun di GT Kalikangkung, Pentingnya Jaga Jarak Aman Saat Mudik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com