Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Sanksi Pelanggar Ganjil Genap saat Mudik Lebaran 2024; Cara Akses CCTV Jalan Tol Gratis

Kompas.com - 06/04/2024, 06:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat mulai melakukan perjalanan mudik jelang memasuki Hari Raya Idul Fitri 1445 H atau Lebaran 2024.

Seiring dengan hal tersebut, Kepolisian Republik Indonesia pun resmi menggelar Operasi Ketupat 2024 guna memastikan perjalanan aman dan nyaman.

Satu program utama yang digagas adalah aturan rekayasa lalu lintas seperti ganjil genap, contra flow, atau one way, dengan tujuan memecah atau mencegah kemacetan.

Baca juga: Saldo e-Toll Habis, Bisakah Top Up di Gerbang Tol?

Masyarakat diimbau untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik (e-toll) yang digunakan dalam perjalanan.JSMR Masyarakat diimbau untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik (e-toll) yang digunakan dalam perjalanan.

Kepolisian juga telah menegaskan jika aturan ini akan mengikat dan memiliki sanksi hukum bagi siapa saja yang melanggar.

Khusus untuk skema ganjil genap, polisi meminta pemudik untuk menyesuaikan pelat nomor dengan tanggal berangkat sesuai dengan rute yang ditentukan.

Jika dijumpai ada pelanggar yang kebablasan akibat lupa, tidak diperkenankan putar balik melainkan diberikan sanksi tilang melalui ETLE.

Masih soal mudik, bagi masyarakat yang berencana melakukannya di akhir pekan ini juga bisa memantau lalu lintas langsung secara gratis selama 24 jam melalui CCTV milik Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Berikut 5 artikel terpopuler di Kompas Otomotif pada Jumat (5/4/2024);

Baca juga: Banyak Diprotes, Polisi Ungkap Alasan Penerapan Ganjil Genap Mudik

Pasukan Gabungan dari TNI-Polri saat melakukan gelar apel operasi ketupat 2024 di Dome Balerame, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Rabu (3/4/2024)KOMPAS.COM/M. Elgana Mubarokah Pasukan Gabungan dari TNI-Polri saat melakukan gelar apel operasi ketupat 2024 di Dome Balerame, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Rabu (3/4/2024)

1. Pemudik yang Melanggar Ganjil Genap di Tol Dilarang Putar Balik

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan menjelaskan, pemudik dengan pelat tidak sesuai yang terlanjur kebablasan saat ada gage dianggap sudah melanggar aturan, dan nantinya dikenakan sanksi tilang.

“Kita tidak melakukan putar balik, kita tidak melakukan penghentian. Kalu sudah bablas ya terus, nantinya proses hukum berjalan karena sudah ada (pantauan dari) kamera ETLE,” ucapnya di Jakarta, Rabu (3/4/2024).

Adapun terkait sanksi, Aan menjelaskan jika pemudik yang melanggar akan mendapatkan kiriman surat tilang selepas tanggal 16 April, sesuai dengan data pantauan ETLE.

 

Radiator mobil dikasih telur, dianggap bisa mengatasi kebocoran radiator dalam kondisi darurat.Tangkapan layar Radiator mobil dikasih telur, dianggap bisa mengatasi kebocoran radiator dalam kondisi darurat.

2. Apa Gunanya Telur Mentah Dimasukkan ke Dalam Radiator

Beredar video life hack di media sosial tentang seseorang sedang memasukkan telur mentah ke dalam mulut radiator mobil layaknya sedang memasak.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @indocarstuff dan mendapatkan beragam komentar dari netizen. Sebagian mereka tidak tahu apa manfaat memasukkan telur mentah ke dalam radiator mobil tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com