Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Mengganti Sekring Tidak Sesuai Ukuran, Bisa Picu Kebakaran

Kompas.com - 08/04/2024, 10:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Supaya fungsi kelistrikan mobil berjalan lancar dan bebas kendala, dibutuhkan satu komponen penting berupa sekring, fungsinya untuk menjadi limiter alias pembatas arus.

Jika terjadi lonjakan mendadak di sektor kelistrikan, sekring akan menjadi ‘tumbal’ dan putus untuk mencegah kendala berbahaya lainnya, seperti korsleting.

Sekring yang sudah putus juga tidak boleh didiamkan terlalu lama dan sebaiknya langsung diganti, supaya jalur kelistrikan bisa kembali normal.

Namun satu poin yang wajib diketahui pengguna, mengganti sekring tidak boleh dilakukan sembarangan. Ukurannya harus tepat dan sesuai dengan jalur kelistrikan yang ditangani.

Baca juga: Waspada, Mau Lewat Tol Fungsional Jangan Terpaku dengan Google Maps

Sekring mobil meleleh karena korsleting dan arus pendekMrtoxikk/Flickr Sekring mobil meleleh karena korsleting dan arus pendek

Noval Al-Hudah, Mekanik Senior Mitsubishi Prabu Pendawa Motor menjelaskan, kebiasaan buruk yang sering dilakukan pengguna adalah keliru saat memasang sekring.

“Sekring itu ukurannya sama, tapi tegangannya beda. Makanya warnanya dibuat beda-beda biar bisa ketahuan,” ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (6/4/2024).

Jika pengguna keliru dan memperkecil ukuran sekring di titik yang seharusnya besar, risikonya adalah sangat mudah putus dan listrik tidak berjalan lancar.

Baca juga: Menikmati Layanan Servis HEV di Posko Siaga Toyota Ungaran

Ilustrasi mobil terbakarFlickr/Joyork Ilustrasi mobil terbakar

Sebaliknya, jika ukuran sekring diperbesar lebih dari ukuran standar, arus listrik tidak bisa dibatasi dan bisa memicu tegangan berlebihan. Efek terburuknya adalah terjadi kebakaran akibat overload.

“Pasang harus sekring sesuai anjuran bawaan pabrik. Kalau masih ada putus beberapa kali di titik yang sama, tandanya memang ada masalah kelistrikan. Ukuran sekringnya jangan diganti,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com