Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Mau Lewat Tol Fungsional Jangan Terpaku dengan Google Maps

Kompas.com - 07/04/2024, 16:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk memperlancar arus saat mudik Idul Fitri 1445 H, terdapat beberapa rekayasa lalu lintas yang harus dipatuhi para pemudik. Selain itu, pemudik juga bisa memanfaatkan ruas tol yang baru dibuka pada momentum Lebaran kali ini.

Namun perlu diingat, karena masih baru dan belum rampung, rual tol fungsional biasanya belum muncul di Google Maps.

Oleh sebab itu, pemudik tidak bisa mengandalkan Google Maps seluruhnya dalam mudik kali ini.

Meskipun aplikasi ini cukup berguna buat untuk menentukan rute bagi pengendara yang tidak paham jalan.

Baca juga: Modifikasi Daihatsu Luxio, Simpel dan Elegan

Ilustrasi tampilan cara cek kepadatan lalu lintas di Google Maps.KOMPAS.com/Aditya Priyatna Darmawan Ilustrasi tampilan cara cek kepadatan lalu lintas di Google Maps.

“Bila tidak paham arah dan rute ke tujuan, sebaiknya aktifkan aplikasi untuk melengkapi,” ujar Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, kepada Kompas.com belum lama ini.

“Tapi tidak mengandalkan 100 persen, artinya pengendara tetap wajib konsentrasi dengan kondisi jalan saat berkendara,” kata dia.

Sony juga menyarankan, untuk tidak ragu menggunakan metode lama, yakni turun dari mobil dan berkomunikasi dengan warga untuk memastikan jalan detailnya.

Baca juga: PO Sinar Jaya Tambah 3 Bus Baru, Pakai Bodi Skylander R22

Seperti diketahui, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan bahwa khusus untuk mudik Lebaran tahun ini terdapat 6 ruas jalan tol di Jawa dan Sumatera yang siap difungsikan sepanjang 163,1 km.

Ruas tol tersebut akan menyambungkan ruas-ruas eksisting yang penting. Beberapa ruas yang sudah beroperasi sebelumnya adalah Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Tol Pasuruan-Probolinggo (seksi 4A Probolinggo Timur-Gending), dan Tol Ciawi-Sukabumi (Seksi 2 Cigombong-Cibadak).

“Sebagai tambahan di 2024 kita bisa fungsikan Tol Jakarta Cikampek (Japek) II Selatan dari arah Sadang ke Kutanegara sekitar 8,5 km,” ucap Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Sabtu Jadi Puncak Arus Mudik di Tol Trans Jawa

Tol Solo-Yogyakarta yang dibuka secara fungsional untuk Lebaran 2024.Dok. PT Jasa Marga Tol Solo-Yogyakarta yang dibuka secara fungsional untuk Lebaran 2024.

“Kemudian tidak kalah penting Tol Yogyakarta-Solo, ruas Kartosuro-Karanganom (Klaten) sepanjang 22,3 km, yang bisa memecah lalulintas hampir sepertiga jarak antara Solo-Yogyakarta,” ujarnya.

Selain itu, ruas tol yang siap fungsional berikutnya adalah Tol Cimanggis-Cibitung untuk ruas Cikeas-Cibitung sepanjang 19 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com