Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyusuri Jogja dengan Mode EV Yaris Cross dan Innova Zenix Hybrid

Kompas.com - 05/04/2024, 09:31 WIB
Alek Kurniawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Panorama keindahan alam Yogyakarta atau biasa disebut Jogja, seakan tak ada habisnya untuk dijelajahi dan dinikmati.

Hal ini yang membuat tim Oto Journey menyertakan Jogjaa sebagai salah satu destinasi yang kami singgahi dalam perjalanan kali ini.

Setelah sebelumnya menjajal Tol Solo-Jogjaa yang beroperasi secara fungsional pada momen mudik Lebaran 2024, kami juga mengeksplorasi destinasi wisata yang bisa dikunjungi pemudik saat berkunjung di Yogyakarta.

Mengendarai All New Yaris Cross Hybrid dan Kijang Innova Zenix Hybrid, tim menuju ke arah selatan dan mengeksplorasi Kawasan Pantai Depok di Kabupaten Bantul.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Hybrid dan Konvensional Perawatannya Berbeda?

Oto Journey 2024 - Toyota Yaris dan Innova Zenix HybridKOMPAS.com Oto Journey 2024 - Toyota Yaris dan Innova Zenix Hybrid

Salah satu spot menarik yang bisa dikunjungi adalah Landasan Pacu Pantai Depok dengan kolaborasi antara panorama pantai dan pemandangan lautan.

Landasan atau runway ini kerap digunakan untuk kegiatan aeromodeling. Dengan panjang lintasan 800 meter dan lebar 12 meter, lokasi ini bisa menjadi salah satu alternatif menarik untuk mengabadikan momen.

Tak jauh dari runway, kami juga melewati jalur eksotik dengan ruas jalan yang minim namun dihiasi deretan pohon cemara udang yang rindang.

Oto Journey 2024 with Toyota Yaris Cross HybridKOMPAS.com Oto Journey 2024 with Toyota Yaris Cross Hybrid

Momen melintasi jalur dalam kota di Jogja yang mulai cenderung padat di pagi dan siang hari, jadi kesempatan untuk merasakan sensasi berkendara ala mobil listrik yang dimiliki Yaris Cross dan Zenix Hybrid.

Baca juga: Sensasi Bawa Yaris Cross Hybrid Jelajah Jalur Mudik 2024

Dengan hadirnya EV Mode, memungkinkan kedua mobil elektrifikasi Toyota ini berjalan tanpa bantuan mesin bensin, dan hanya mengandalkan asupan daya dari baterai.

Hasilnya, baik Yaris Cross dan Innova Zenix Hybrid dapat menelusuri area perkotaan Jogja dengan senyap tanpa emisi.

Mode EV yang dimiliki keduanya memastikan motor listrik bekerja mandiri untuk memberikan pengalaman berkendara mobil listrik murni tanpa bensin.

Hal ini tentunya juga berdampak pada pengurangan emisi serta menekan konsumsi bahan bakar.

Oto Journey 2024 - Toyota Yaris dan Innova Zenix HybridKOMPAS.com/STANLY RAVEL Oto Journey 2024 - Toyota Yaris dan Innova Zenix Hybrid

Menurut Prayudi, Technical Leader Toyota Jogja Pusat- Nasmoco Bantul, fitur ini akan bekerja dengan syarat kapasitas baterai pada mobil berada di atas state of charge (SOC), yaitu minimum 40 persen, dan hanya bermain di kecepatan rendah.

"Jadi, jika daya baterai berada di bawah atau tepat 40 persen, fitur EV Mode tidak dapat digunakan, harus di atasnya," kata Paryudi kepada Kompas.com, Rabu (3/4/2024).

Baca juga: Coba Tol Fungsional Solo-Yogya dengan Dua Mobil Hybrid Toyota

Dari pengalaman tim Oto Journey, ketika baterai di posisi hampir penuh, EV Mode dapat digunakan rata-rata dalam kecepatan rendah di bawah 50 kilometer per jam (kpj). 

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com