Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Bus yang Punya Restoran Sendiri, Jadi Tempat Istirahat Saat Mudik

Kompas.com - 04/04/2024, 18:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mudik menggunakan bus AKAP menuju kampung halaman, biasanya tidak luput dari berhenti sejenak ke rest area atau rumah makan. Sebab, apabila pengemudi memaksakan diri berkendara secara terus menerus justru bisa berbahaya karena kelelahan. 

Beberapa perusahaan otobus (PO) bahkan punya rumah makan atau restoran untuk beristirahat atau makan bagi para penumpang bus. Namun bagi yang sedang berpuasa bisa minta untuk dibungkus makanannya untuk disantap saat berbuka di jalan. 

Baca juga: Kredit Wuling Air ev, Cicilan Rp 4 Jutaan Per Bulan

 Berikut Kompas.com rangkum deretan PO bus yang punya restoran sendiri :

1. PO Agramas

PO Agramas juga memiliki rumah makan atau restoran yang diberi nama RM Kendil Mas. Restoran ini berlokasi di Batang, Jawa Tengah.

Tidak hanya makan saja, para penumpang bus Agramas juga bisa menggunakan fasilitas lain di tempat ini seperti toilet, mushola, dan toko oleh-oleh. Namun restoran ini hanya melayani penumpang untuk PO Agramas saja tidak untuk PO lain.

2. PO Rosalia Indah

PO Rosalia Indah menjadi salah satu PO bus di Indonesia yang punya beberapa restoran sendiri. Tidak hanya itu, PO yang berbasis di Palur, Karanganyar, Jawa Tengah ini juga punya beberapa rest area yang tersebar di beberapa wilayah.

Berdasarkan unggahan dari Instagram @ rosin_resto, cabang dari tempat makan ini antara lain di Rosin Resto Bitung di pool Bitung, Rosin Resto Way Halim di Lampung dan RM Sederhana Caruban.

Baca juga: Kredit Wuling Air ev, Cicilan Rp 4 Jutaan Per Bulan

3. Haryanto 

Bus baru PO Haryantoinstagram @newarmada.official Bus baru PO Haryanto

PO Haryanto juga memiliki restoran bernama RM Menara Kudus di Cirebon (Jawa Barat) dan Gringsing (Jawa Tengah). Rumah makan tersebut juga berfungsi sebagai rest area karena menyediakan juga fasilitas toilet dan masjid yang besar. 

4. PO Sinar Jaya

Bus Sinar Jaya di Terminal Baranangsiang BogorKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bus Sinar Jaya di Terminal Baranangsiang Bogor

PO Sinar Jaya juga memiliki rumah makan pribadi dengan nama RM Panorama. RM Panorama berada di Jalan Margasari, Bumiayu, Tegal, Jawa Tengah.

Menu-menu yang ditawarkan pada restoran tersebut cukup lengkap dan ada yang berupa harga paket. Tidak hanya jadi tempat makan saja, pada bangunan tersebut juga terdapat pusat oleh-oleh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com