Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez Mengaku Lebih Lambat Seiring Bertambah Usia

Kompas.com - 05/04/2024, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez menjadi pebalap yang sangat kompetitif ketika awal-awal karirnya di kelas MotoGP. Namun, seiring bertambahnya usia, dia mengakui bahwa sekarang performanya lebih lambat.

Tahun ini menjadi tahun ke-12 bagi Marquez bersaing di kelas utama. Sekarang, dia mendapatkan perlawanan kuat dari pebalap yang sangat muda, yakni Pedro Acosta.

Baca juga: Insiden Bagnaia-Marquez Dianggap Normal, Tanpa Sanksi

Menurut Marquez, pebalap muda terkadang "tidak sadar" akan risiko ketika membalap. Kondisi tersebut yang tidak bisa diulangi oleh Marquez.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2024

"Salah satu hal ketika Anda masih muda adalah Anda tidak sadar akan apa yang Anda lakukan dan terkadang hal itu berjalan dengan baik," ujar Marquez, dikutip dari Motorsport.com, Jumat (5/4/2024).

Marquez menambahkan, ketika seseorang bertambah tua, maka akan sedikit lebih konservatif dalam beberapa hal. Tapi, akan lebih banyak menggunakan pengalaman.

Baca juga: Hasil MotoGP Portugal 2024, Martin Juara, Marquez dan Bagnaia Tabrakan

Marquez mengatakan, saat dirinya mengalami cedera pada 2020, banyak yang yakin dirinya akan lebih kuat pada tahun-tahun berikutnya. Namun, menurut dia hal tersebut tidak akan terjadi.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Qatar 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Qatar 2024

"Saya tidak akan lebih cepat dari masa lalu karena ketika Anda lebih muda, Anda memiliki kelebihan itu. Namun tentu saja, Anda bisa menggunakan sedikit lebih banyak pengalaman dan Anda harus menggunakan pengalaman tersebut. Sebagai contoh, di Qatar, saya tenang, di pra-musim saya tenang," kata Marquez.

"Saya akan melakukan kesalahan karena kita adalah manusia, dan kita adalah satu-satunya yang akan melakukan kesalahan yang sama dua kali," ujar pebalap Gresini Racing tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com