Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil MotoGP Portugal 2024, Martin Juara, Marquez dan Bagnaia Tabrakan

Kompas.com - 24/03/2024, 22:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jorge Martin keluar sebagai pemenang pada balapan MotoGP Portugal 2024, di Sirkuit Algarve International, Portimao, Minggu (24/3/2024). Ada di posisi kedua Enea Bastianini dan rookie Pedro Acosta finis di posisi ketiga.

Terjadi drama di beberapa lap terakhir, yang melibatkan Marc Marquez dan Francesco Bagnaia. Keduanya saling salip untuk memperebutkan posisi kelima, namun diakhiri dengan senggolan yang membuat keduanya terjatuh.

Tak hanya itu, Maverick Vinales yang sedang berada di posisi kedua juga mengalami nasib sial. Rider Aprilia itu sedang berada di posisi kedua, namun malah terjatuh di lap terakhir.

Baca juga: Video Drama Marquez dan Bagnaia Tabrakan di MotoGP Portugal 2024

Jalannya Balapan

Enea Bastianini yang start dari pole position langsung memimpin jalannya balapan, tapi tak lama kemudian langsung disalip oleh Jorge Martin.

Persaingan ketat terjadi antara Marc Marquez dan Francesco Bagnaia, di mana keduanya bersenggolan saat di tikungan. Sementara itu, tiga pebalap terdepan masih diisi oleh Martin, Maverick Vinales, dan Bastianini.

Memasuki lap ketiga, Martin terus menambah selisih jarak antara dirinya dengan Vinales. Posisi lima pebalap terdepan belum berubah.

Bagnaia masih mendapat tekanan dari Marquez yang berada di belakangnya. Sementara itu, Bagnaia juga memberikan tekanan pada rekan setimnya yang tepat berada di depannya.

Persaingan ketat juga terjadi di bagian belakang. Pedro Acosta terlihat terus mencoba menyalip Brad Binder yang ada di posisi ketujuh. Namun, Binder cukup kuat untuk mempertahankan posisinya.

Pada lap kelima, Jack Miller melebar dan akhirnya disalip oleh Binder dan Acosta. Binder terlihat tidak bisa lepas dari Acosta. Memasuki lap ketujuh, Acosta yang memanfaatkan slipstream hampir berhasil menyalip Binder.

Sementara itu, selisih jarak antara Martin dengan Vinales mulai merapat. Keduanya hanya terpaut 0,2 detik pada lap keenam. Sedangkan jarak Vinales dengan Bastianini, terpaut 0,5 detik.

Pada lap ketujuh, Acosta akhirnya berhasil menyalip Binder. Tapi, dia masih butuh kerja keras untuk mengejar Marquez yang ada di posisi kelima. Pasalnya, keduanya terpaut hingga 0,5 detik.

Pada lap kedelapan, Acosta sudah berhasil mengejar Marquez dan menyalipnya. Performa Acosta benar-benar luar biasa dan langsung mengejar Bagnaia. Pada lap kesembilan, Acosta sudah berada 0,2 detik di belakang Bagnaia.

Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Qatar 2024Dok. Crash.net Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Qatar 2024

Memasuki lap kesepuluh, barisan terbagi dua. Barisan terdepan diisi Martin, Vinales, dan Bastianini. Lalu, barisan di belakangnya diisi oleh Bagnaia, Acosta, dan Marquez.

Pada lap kesebelas, Martin mulai mendapatkan tekanan. Sebab, Vinales hanya 0,1 detik berada di belakangnya. Sementara, balapan masih tersisa 15 lap lagi.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com