Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil yang Kurang Diminati Penyewa buat Lebaran

Kompas.com - 05/04/2024, 07:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang Hari Raya Lebaran bisnis sewa atau rental mobil mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan hari biasa. Meski begitu, tidak semua unit laris dipakai konsumen.

Septian Wulandari, Owner Wulan Rent Car di Depok, Jawa Barat, mengatakan, mobil-mobil keluaran tahun tua biasanya sudah tak menjadi pilihan utama para konsumen.

Pasalnya, konsumen lebih mengincar mobil keluaran baru yang secara fitur lebih lengkap, dan tentunya lebih nyaman dipakai.

Baca juga: Ban Mobil Terjebak di Pasir, Begini Cara Benar Mengeluarkannya

Ilustrasi ganjil genap di Tol Trans Jawa. Rute dan jadwal penerapan ganjil genap saat arus mudik Lebaran 2023. Rute dan jadwal penerapan ganjil genap saat arus balik Lebaran 2023.ANTARA FOTO/DEDHEZ ANGGARA Ilustrasi ganjil genap di Tol Trans Jawa. Rute dan jadwal penerapan ganjil genap saat arus mudik Lebaran 2023. Rute dan jadwal penerapan ganjil genap saat arus balik Lebaran 2023.

“Biasanya di kami kalau sudah agak tua, jarang ada yang mau sewa lagi mobilnya, sudah enggak laku,” ujar Wulan, kepada Kompas.com belum lama ini.

“Contohnya Avanza 2013 itu kami punya, sudah jarang ada yang sewa. Terus Yaris 2016, Yaris ternyata peminatnya tidak sebanyak kayak Brio atau Jazz,” kata dia.

Wulan menambahkan, beberapa konsumen sudah tak berminat menyewa Avanza lama, karena Avanza model baru sudah keluar dan dianggap lebih nyaman. Sementara Yaris generasi kedua rupanya kurang diminati lantaran radius putar yang pendek.

Baca juga: Buat Pemudik, Begini Cara Engine Brake Mobil Matik Saat Melewati Turunan

“Jadi dia kalau putar balik, dia enggak bisa sekali putar balik. Rata-rata cewek-cewek enggak mau repot harus beberapa kali putar. Rata-rata mereka lebih suka Jazz atau Brio, yang radius putarnya pendek,” ucap Wulan.

Sementara itu, Kisnanto H Pribowo, Management Sembodo Rent Car di Jakarta, mengatakan, secara umum model-model favorit konsumen buat Lebaran adalah tipe MPV.

Hal inilah yang membuat mobil-mobil di kelas hatchback, sedan, hingga SUV besar atau SUV premium umumnya masih banyak tersedia di garasi rental.

Baca juga: Kata Indomobil Group Alasan Tesla Sulit Masuk Indonesia

Mobil sejuta umat, Toyota Avanza tak cuma laris di segmen mobil baru tapi juga bekas. KOMPAS.com/Gilang Mobil sejuta umat, Toyota Avanza tak cuma laris di segmen mobil baru tapi juga bekas.

“Jadi kebanyakan memang kalau untuk unit Lebaran yang jadi favorit kan mobil-mobil keluarga. Mungkin kayak Innova, Zenix, lalu Low MPV-nya Avanza atau Xpander,” ujar Bowo, kepada Kompas.com belum lama ini.

Tapi untuk beberapa MPV premium justru kurang laku saat Lebaran. Salah satu sebabnya karena harga sewa yang terbilang tinggi, di mana tarifnya tembus Rp 1,5 juta (per hari) ke atas.

“Kalau untuk premiumnya kayak Alphard, Mercedes-Benz. Justru kalau momen Lebaran, kurang peminatnya, karena itu mobil bisnis sebenarnya,” ucap Bowo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com