Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Rental Mobil Mepet Waktu Lebaran, Ada Risikonya

Kompas.com - 02/04/2024, 03:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sewa mobil jadi salah satu pilihan masyarakat untuk bisa mudik ke kampung halaman dengan nyaman. Tapi buat yang memilih opsi rental, sebaiknya jangan mengambil keputusan mendekati Lebaran.

Sebab, selain unit yang tersedia semakin menipis. Harga yang ditawarkan juga bakal lebih mahal, karena model-model favorit yang banyak dipilih konsumen biasanya sudah tak tersedia.

“Jadi kebanyakan memang kalau untuk unit Lebaran yang jadi favorit kan mobil-mobil keluarga. Mungkin kayak Innova, Zenix, lalu Low MPV-nya Avanza atau Xpander,” ujar Kisnanto H Pribowo, Management Sembodo Rent Car di Jakarta, kepada Kompas.com, Senin (1/4/2024).

Baca juga: Ganjil Genap Selama Arus Mudik-Balik Lebaran Berlaku 5 April 2024

Ilustrasi: Jejeran Mobil Yang disewakan milik Metro 38, Gunungkidul, Yogyakarta. Saat Libur lebaran Laris Disewa Para PemudikKompas.com/Markus Yuwono Ilustrasi: Jejeran Mobil Yang disewakan milik Metro 38, Gunungkidul, Yogyakarta. Saat Libur lebaran Laris Disewa Para Pemudik

Bowo mengatakan, mobil-mobil di segmen premium biasanya masih banyak tersedia menjelang Lebaran. Tentunya ini bisa jadi pilihan konsumen yang sudah tidak kebagian Low MPV ataupun Medium MPV.

“Kalau untuk premiumnya kayak Alphard, Mercedes-Benz, justru kalau momen Lebaran kurang peminatnya, karena itu mobil bisnis sebenarnya,” ucap Bowo.

Sementara itu, Septian Wulandari, Owner Wulan Rent Car di Depok, Jawa Barat, mengatakan, menjelang Lebaran biasanya mobil rental yang tersisa kebanyakan tinggal model city car ataupun SUV besar.

Baca juga: Honda Giorno Edisi Donald Duck, Cuma Dijual 2.000 Unit

“Kebanyakan tinggal yang kecil-kecil atau besar banget kayak Pajero, Fortuner itu belum ada yang booking,” kata Wulan, kepada Kompas.com (1/4/2024).

“Mungkin Lebaran pengin mudik sama keluarga, jadi lebih laris yang 3 baris, dibandingkan kalau hari biasa lebih laku yang kecil-kecil, jadi kebalikannya,” ujarnya.

Wulan menambahkan, secara umum mobil-mobil rental yang tersisa jelang Lebaran biasanya ada unit dengan harga sewa yang lebih mahal.

Baca juga: Toyota Rush Facelift Resmi Meluncur, Harga Naik Rp 1,7 Juta

Kompas.com mendapat kesempatan melihat lebih dekat ubahan pada Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 terbaru. SUV ini mendapat pembaruan di sisi eksterior dan interiorKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Kompas.com mendapat kesempatan melihat lebih dekat ubahan pada Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 terbaru. SUV ini mendapat pembaruan di sisi eksterior dan interior

“Kalau Innova, Pajero, Fortuner masih belum ada peminatnya. Biasanya itu menjelang Lebaran baru ada yang booking, tinggal sisa-sisa saja, jadi mau enggak mau dia pakai itu,” ujar Wulan.

“Innova sehari Rp 750.000, kalau paket Lebaran yang 7 hari jadi Rp 1 juta per hari. Kalau Pajero normalnya Rp 1.250.000 per hari, harga Lebaran jadi Rp 1.500.000 per hari,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com