Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran 2024, Harga Rental Mobil di Yogyakarta Naik

Kompas.com - 04/04/2024, 13:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Usai menjalani puasa bulan Ramadhan, mayoritas umat muslim akan pulang ke kampung halaman untuk bertemu keluarga. Dapat dikatakan Mudik Lebaran merupakan tradisi masyarakat Indonesia.

Namun dalam prosesnya tak semua orang mudik menggunakan kendaraan mobil pribadi. Ada yang menggunakan transportasi umum dan baru kemudian menyewa mobil untuk transportasi di kampung halaman.

Baca juga: Sebelum Mudik Wajib Cek Kondis Ban Mobil

Garasi Mobil rental milik Anjar Ardityo di kota WonosariKompas.com/Markus Yuwono Garasi Mobil rental milik Anjar Ardityo di kota Wonosari

Setiap tahunnya, Yogyakarta merupakan salah satu kota tujuan Mudik Lebaran. Bukan hanya bertemu keluarga, tapi karena di Yogya banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi.

Buat yang tertarik memakai jasa rental mobil di Yogya saat musim libur Lebaran 2024 mesti bersiap, sebab harga sewa mobil naik selama masa Hari Raya Idul Fitri.

"Iya memang lebih mahal. Jelas itu. Semua rental di Yogyakarta juga begitu (harganya naik)," ujar Riski dari RR Garage Rental Car, asal Yogyakarta kepada Kompas.com, Rabu (3/4/2024).

Baca juga: PO Bagong Rilis Bus Pariwisata Baru Pakai Jetbus 5

Rental mobil yang baik menyediakan layanan asuransi bagi konsumennya.SHUTTERSTOCK Rental mobil yang baik menyediakan layanan asuransi bagi konsumennya.

Sebagai contoh, Riski memberi patokan, kenaikan harga mobil per hari selama masa Lebaran 2024 mencapai Rp 200.000 dibandingkan hari-hari biasa.

"Kalau untuk Avanza dan Calya sekitar Rp 350.000 untuk naiknya itu kurang lebih Rp 200.000-an (jadi sekitar Rp 550.000) untuk per hari. Biasanya ada paket harga tiga hari misalkan dan paket tujuh hari jadi lebih murah," ujarnya.

Riski mengatakan, harga tersebut juga berbeda kalau konsumen memilih memakai sopir atau lepas kunci. Lepas kunci lebih murah karena konsumen tidak membayar jasa sopir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com