Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Tarif Rental Mobil Jelang Lebaran, Harga mulai Rp 500.000 Per Hari

Kompas.com - 01/04/2024, 14:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bisnis rental mobil menjelang Lebaran umumnya mengalami peningkatan. Sesuai dengan hukum ekonomi pasar, ketika ada banyak permintaan, biasanya akan diikuti dengan kenaikan harga.

Kisnanto H Pribowo, Management Sembodo Rent Car di Jakarta, mengatakan, kenaikan tarif rental mobil menjelang Lebaran bervariasi sekitar 25-35 persen.

“Kalau untuk harga sewa bisa di kroscek di website kami, kami harganya mulai Rp 500.000-an untuk sekelas Low MPV seperti Mitsubishi Xpander, sampai Rp 2 jutaan untuk yang premium seperti Toyota Alphard,” ujar Bowo kepada Kompas.com (1/4/2024).

Baca juga: Estimasi Biaya Mudik Jakarta-Surabaya Pakai Innova Zenix Hybrid

Penurunan omzet dialami oleh salah satu pengusaha rental mobil yang berlokasi di Kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, selama dua bulan terkahir. Hal tersebut dirasakan semenjak adanya wabah Corona. dokumentasi pribadi Penurunan omzet dialami oleh salah satu pengusaha rental mobil yang berlokasi di Kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, selama dua bulan terkahir. Hal tersebut dirasakan semenjak adanya wabah Corona.

Menurutnya, menjelang Lebaran ini harga sewa untuk low MPV jadi sekitar Rp 600.000 sampai Rp 700.000 per hari.

“Tapi untuk Lebaran kami bikin paket, misal minimal sewa 10 hari, itu enggak kami kenakan kenaikan harga. Jadi harga standar harian dikalikan 10 hari. Tapi kalau kurang dari 10 hari, itu ada paket tujuh hari dan lima hari,” kata dia.

Sementara itu, Septian Wulandari, Owner Wulan Rent Car di Depok, Jawa Barat, mengatakan, harga rental menjelang Lebaran lebih mahal dari hari biasa.

Baca juga: Merek Mobil China BAIC Segera Diproduksi Lokal

“Jadi yang paket tujuh hari, misalnya Brio tarif normalnya Rp 450.000 per hari, untuk Lebaran jadi naik Rp 250.000 per harinya (paket tujuh hari). Tapi kalau ambil paket 10 hari, naiknya cuma Rp 225.000 per hari,” ucap Wulan, kepada Kompas.com (1/4/2024).

“Saat ini tarif per mobil mulai Rp 550.000 per hari, atau jadi Rp 3.850.000 buat paket tujuh hari. Itu untuk Sigra Manual. Ada lagi Rp 4,2 juta (paket tujuh hari) untuk Mobilio, Ertiga, Avanza 2018, Agya, Brio,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com