Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat Ruas Tol Trans-Jawa Pakai Sistem Tertutup, Wajib Satu Kartu

Kompas.com - 04/04/2024, 13:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Trans-Jawa menjadi jalur favorit masyarakat saat mudik Lebaran. Banyak pemudik yang lebih memilih ruas tol tersebut ketimbang jalan nasional karena merasa lebih aman, meskipun harus membayar tarif perjalanan.

Untuk pemudik yang akan melintasi Tol Trans-Jawa, wajib diingat bila sistem tol yang digunakan adalah tertutup.

Artinya, pemudik wajib menggunakan satu kartu e-toll untuk melakukan transaksi karena itu penting untuk selalu memastikan kecukupan saldonya.

Baca juga: Jadwal Operasional Jalur Fungsional Tol Solo-YIA Kulon Progo Selama Musim Mudik

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, sistem tertutup pada Ruas Tol Trans-Jawa diartikan tidak bisa menggunakan dua kartu yang berbeda.

Sejumlah kendaraan pemudik melaju di Jalan Tol Palimanan-Kanci, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). Uji coba sistem ganjil genap di Jalan Tol Trans-Jawa dilanjutkan hingga Gerbang Tol Kalikangkung untuk mengantisipasi peningkatan kendaraan yang akan berdampak perlambatan hingga kemacetan panjang pada arus mudik Lebaran 2022.ANTARA FOTO/DEDHEZ ANGGARA Sejumlah kendaraan pemudik melaju di Jalan Tol Palimanan-Kanci, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). Uji coba sistem ganjil genap di Jalan Tol Trans-Jawa dilanjutkan hingga Gerbang Tol Kalikangkung untuk mengantisipasi peningkatan kendaraan yang akan berdampak perlambatan hingga kemacetan panjang pada arus mudik Lebaran 2022.

“Jalan Tol Trans-Jawa dengan sistem transaksi tertutup (tarif sesuai jarak) hanya bisa menggunakan e-toll yang sama saat tap in dan tap out, sehingga saat saldo kurang tidak bisa meminjam e-toll pengguna jalan lainnya,” ucap Lisye dalam keterangan resmi.

Berbeda kalau ruas tol yang sistemnya terbuka, tidak masalah satu kartu digunakan untuk dua kendaraan. Jadi kalau tertutup, data yang ada di kartu saat tap in harus sama dengan yang tap out.

Karena itu, sebaiknya para pemudik perhatikan jumlah saldo yang ada di kartu sebelum transaksi. Cari tahu juga berapa biaya tol saat gerbang berangkat dan nantinya keluar, jadi saldo sudah disiapkan.

Baca juga: Jadwal Operasional Jalur Fungsional Tol Solo-YIA Kulon Progo Selama Musim Mudik

Sebagai informasi, bagi yang mau menggunakan Jalan Tol Trans-Jawa untuk mudik lebih awal, Astra Infra, memberikan diskon tarif tol Cikopo-Palimanan sebesar 20 persen, diskon tarif tol tersebut berlaku mulai Rabu (3/4/2024) pukul 05.00 WIB sampai Jumat (5/4/2024) pukul 05.00 WIB.

Diskon tarif tol yang berlaku 2x24 jam ini bisa dinikmati semua golongan kendaraan secara menerus (gate to gate). Selain diskon saat mudik, ada juga saat arus balik, berlaku mulai Rabu (17/4/2024) pukul 05.00 WIB sampai Jumat (19/4/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com