Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedang Naik Daun, Ini Sasis Mercedes-Benz yang Cocok Jadi Sleeper Bus

Kompas.com - 03/04/2024, 17:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren sleeper bus kini kian menanjak dalam layanan transportasi AKAP (antarkota antarprovinsi).

Bahkan sejumlah perusahaan otobus (PO) kini seakan berlomba memberikan fasilitas sleeper bus terbaik untuk menarik minat penumpang. Bahkan tidak tanggung, jenis sasis yang digunakan oleh PO menggunakan merek premium seperti dari Mercedes-Benz

Faustina, Head of Product & Marketing PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) mengatakan, tren sleeper bus juga turut mempengaruhi penjualan dari sasis. 

Baca juga: Citroen Mulai Rakit Lokal, Pakai Pabrik Indomobil

"Kini seeper bus sendiri ada yang single dek dan ada yang double dek. Untuk sleeper bus  yang single dek yang cocok dan banyak dicari adalah OH 1626 L Euro 4," kata Faustina kepada Kompas.com, Senin (1/4/2024). 

Secara spesifikasi, sasis Bus Mercedes-Benz OH 1626L Euro 4 punya berbagai keunggulan dari segi fitur, salah satunya suspensi udara depan belakang.

Penggunaan suspensi udara diklaim dapat memberikan kenyamanan bagi penumpang saat melintasi medan jalan yang ekstrem.

Kemudian mesin tidak bising sehingga saat tidur kabin sleeper bus lebih nyaman. Keunggulan lainnya adalah model bagasi space frame sehingga bisa mengangkut muatan yang banyak.

Sasis bus premium terbaru Mercedes Benz O 500 RSD 2445KOMPAS.com/fathan Sasis bus premium terbaru Mercedes Benz O 500 RSD 2445

Baca juga: Dibuka Fungsional, Panjang Ruas Jalan Tol Solo-Yogyakarta Bertambah

"Kalau sleeper bus untuk model double decker yang cocok itu sasis yang belum lama ini kami bawa di ajang Giicomvec 2024 yaitu Mercedes-Benz O 500 RSD 2445 6x2 yang sudah Euro 5," kata Faustina. 

Mercedes-Benz O 500 RSD 2445 merupakan sasis bus model tronton ini punya mesin dengan  kode OM 406 LA. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 449 TK di 1.800 RPM dan torsi 2.200 Nm di 1.100 RPM. Transmisi yang digunakan ZF TraXon AMT 12 percepatan.

Terkait harga, sasis ini dibanderol mulai Rp 2 miliaran, untuk nominal pasti tergantung model yang dipilih dan fitur keselamatannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com