Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Citroen Mulai Rakit Lokal, Pakai Pabrik Indomobil

Kompas.com - 03/04/2024, 13:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrikan mobil asal Perancis, Citroen, akan membuka fasilitas perakitan mobil listrik di Indonesia. Tepatnya di fasilitas milik Indomobil Group yang terletak di Purwakarta, Jawa Barat.

Untuk diketahui, saat ini mobil yang dijual Citroen masih berstatus Completely Build Up (CBU) alias diimpor langsung dari luar negeri. Seperti mobil listrik E-C3 Electric yang merupakan CBU dari India.

Tan Kim Piauw, CEO Citroen Indonesia mengatakan, perakitan dalam negeri itu akan dimulai pada 1 Juli 2024.

Baca juga: Walaupun Jendela Tertutup, Merokok di Dalam Mobil Tetap Dilarang

“Sampai bulan Juni semua produksi percobaan ini akan kita lakukan, lalu target kami mestinya Juli sudah bisa lakukan produksi massal seperti Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) sebutkan,” ucap Tan, saat ditemui Kompas.com, di Pantai Indah Kapuk, Selasa (2/4/2024).

Citroen resmi memasarkan produk kendaraannya di Indonesia pada 2023. Dok. PT Indomobil Wahana Trada Citroen resmi memasarkan produk kendaraannya di Indonesia pada 2023.

Namun tidak dijelaskan secara rinci berapa kapasitas produksi, serta nilai investasi. Tan hanya mengungkap, pihaknya saat ini sedang menguji untuk memproduksi dua unit mobil sebelum akhirnya diproduksi massal.

“Sekarang lagi uji coba, jadi kita lagi berhasil memproduksi unit pertama kita sebut X0 dan sudah dirakit dan kita tes berjalan sangat baik. Lalu di bulan April 2024 habis Lebaran kita akan tes lagi unit namanya X1 sebanyak 2 unit, jadi kita sebelum sampai produksi massal kita akan lakukan produksi 4 tahap,” kata Tan.

Baca juga: Pemilik Mobil Wajib Tahu Tanda Wiper Sudah Minta Diganti

Sebagai informasi, Indomobil Group saat ini memiliki dua fasilitas yang bisa dipakai, ada di Pulogadung dan Purwakarta. Citroen Indonesia akan menggunakan fasilitas yang ada di Purwakarta, Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com