Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Foto Interior Ford Fiesta Terbakar, Ini Dugaan Penyebabnya

Kompas.com - 01/04/2024, 18:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial sejumlah foto yang memperlihatkan mobil Ford Fiesta terbakar di bagian interior. Foto-foto itu dibagikan oleh seorang wanita melalui akun TikTok bernama @novisoeka.

Dalam unggahan tersebut tertulis narasi bahwa sang pemilik kendaraan mulanya memarkirkan mobil di halaman.

Namun, betapa kagetnya ketika pemilik kendaraan membuka pintu mobil mendapati sebagian interior hangus terbakar.

“Pagi-pagi buka mobil langsung syok. Bagian dalam mobil sudah hitam kena asap bagian depan hangus. Kaca-kaca pada gelap kena debu asap. Bagian kemudi, setir, jok, hangus. Bau gosong dan aku tidak tahu terbakarnya kapan, penyebabnya apa, di dalam tidak ada apa-apa, colokan juga enggak nyolok apa-apa. Hal-hal yang memicu kebakaran juga enggak ada. Bagian atas meleyot kayak hati aku pas melihat mobil kayak gini, SIM aku kebakar. Hadeh ada-ada saja hidup,” tulis narasi tersebut.

Baca juga: Kenali Penyebab Motor Brebet dan Cara Mengatasinya

Edy, Pemilik bengkel spesialis interior mobil Vertue Concept di Sunter, Jakarta Utara mengatakan, jika melihat video tersebut bisa saja terjadi karena adanya ledakan kecil yang disebabkan oleh korsleting atau short circuit (hubungan arus pendek).

Video mobil Ford Fiesta hangus di bagian interiortiktok.com/@novisoeka Video mobil Ford Fiesta hangus di bagian interior

“Kalau menurut analisa saya itu datangnya dari bagian lighter dekat konsol. Di situ terlihat ada kabel yang keluar dari sana, jadi ada semacam korsleting atau short, itu yang menimbulkan api atau ledakan kecil yang merembet ke kursi setir, bahkan sampai ke atas,” kata Edy saat dihubungi Kompas.com, Senin (1/4/2024).

Selain itu, menurut Edy, salah satu pemicu ledakan tersebut karena ada beberapa elemen yang overheat (terlalu panas).

Baca juga: Kenali Penyebab Motor Brebet dan Cara Mengatasinya

“Beberapa elemen yang overheat itu juga bisa memicu panas dan ledakan kecil, karena kalau terbakar di dalam tidak mungkin apinya bisa redam sendiri. Kalau bicara yang lain, saya lihat itu audionya juga masih standar, jadi kemungkinan di lighter,” kata Edy.

Untuk menghindari kejadian seperti ini pemilik mobil sebaiknya memastikan kabin dalam keadaan aman saat ditinggalkan. Misalnya tidak ada kabel yang terpasang, dan hindari meninggalkan barang-barang yang bisa memicu terjadinya kebakaran atau ledakan kecil, seperti hand sanitizer, parfum, hingga botol air mineral plastik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com