Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Lebaran ke Bandung, Simak Hitungan Tarif Tol Jakarta-Pasteur

Kompas.com - 01/04/2024, 13:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang libur Lebaran 2024, biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk mudik ke kampung halaman untuk berkumpul bersama sanak saudara.

Salah satu kota tujuan yang menjadi destinasi mudik adalah Bandung. Selain itu, Kota Bandung juga kerap menjadi tujuan wisatawan karena memiliki sejumlah destinasi menarik hingga warisan sejarah yang kaya untuk dikunjungi.

Bagi pelancong asal Jakarta yang hendak melakukan perjalanan liburan ke Bandung, sebaiknya mulai melakukan persiapan dan menghitung estimasi biaya yang dibutuhkan.

Baca juga: Harga Double Cabin Bekas Jelang Lebaran, Ranger mulai Rp 65 Jutaan

Pada tulisan ini, Kompas.com menyiapkan total biaya tol dari Jakarta ke Bandung. Tol yang dilewati meliputi Tol Dalam Kota, Tol Jakarta-Cikampek, Tol Cipularang, dan Tol Padaleunyi.

Tarif Tol Dalam Kota sekarang ada di Rp 10.500 untuk kendaraan golongan I. Kemudian Tol Cikampek dan Layang MBZ, kalau keluar di Kalihurip jadi Rp 27.000.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated atau Tol Layang Mohammed bin Zayed (MBZ).Dok. BPJT Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated atau Tol Layang Mohammed bin Zayed (MBZ).

Buat Tol Cipularang dan Padaleunyi, sejak pertengahan 2023 mengalami kenaikan tarif. Misal buat Cipularang, dari SS Dawuan ke SS Padalarang tarifnya sekarang Rp 45.000. Sedangkan untuk Tol Padaleunyi, kalau keluar di Pasteur Rp 3.500.

Baca juga: Penyebab Oli Transmisi Matik Berubah Warna Jadi Putih

Berikut tarif tol Jakarta ke Bandung (exit Pasteur) buat kendaraan Golongan I:

-Tol Dalam Kota Rp 10.500
-Tol Jakarta-Cikampek Rp 27.000
-Tol Cipularang Rp 45.000
-Tol Padaleunyi (Exit Pasteur) Rp 3.500
Total biaya tol Rp 86.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com