Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan dan Mitsubishi Kerja Sama Bikin Pikap Listrik

Kompas.com - 01/04/2024, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelumnya, Nissan mengumumkan kerja sama dengan Honda untuk mengembangkan mobil listrik. Belum lama ini, Nissan juga dikabarkan akan berkolaborasi dengan Mitsubishi untuk membuat pikap listrik.

Untuk membuat satu kendaraan tidaklah mudah, bahkan bagi pabrikan otomotif besar sekalipun. Maka itu, tak sedikit pabrikan yang memutuskan untuk bekerja sama dengan produsen lain untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Baca juga: Honda dan Nissan Kerja Sama Bikin Mobil Listrik

Dikutip dari Carbuzz.com, Senin (1/4/2024), kedua produsen mobil ini akan bekerja sama untuk menghadirkan pikap listrik ke pasar Amerika Serikat (AS). Kemitraan ini terjadi karena pergeseran ke kendaraan listrik terus menantang setiap produsen mobil untuk mengikuti perkembangan zaman.

Nissan dan Mitsubishi akan bekerja sama untuk membuat pikap listrikDok. Carbuzz.com Nissan dan Mitsubishi akan bekerja sama untuk membuat pikap listrik

Disebutkan akan ada dua kendaraan elektrifikasi yang dibangun, yakni kendaraan listrik berbasis baterai dan plug-in hybrid. Pada sisi lain, Mitsubishi berencana untuk meluncurkan mobil listrik pertamanya di AS dengan menggunakan teknologi yang dipinjamnya dari Nissan.

Pikap listrik yang dikembangkan bersama ini rencananya akan dibuat di Meksiko. Mengenai waktunya, kemungkinan besar baru akan ada pada tahun 2027 dan 2031. Meskipun belum ada informasi mengenai nama model baru ini, model ini bisa jadi merupakan versi listrik dari Nissan Frontier.

Baca juga: Tampilan Nissan Kicks Terbaru Berubah Total, Lebih Futuristik

Nissan Kicks faceliftDok. Caranddriver.com Nissan Kicks facelift

Nissan sebelumnya mengumumkan rencana baru yang disebut The Arc, yang mencakup peluncuran 30 mobil baru selama tiga tahun ke depan. Pada dasarnya, Nissan merombak seluruh jajaran produknya di seluruh dunia dengan model-model baru dan powertrain yang telah direvisi.

Dengan demikian, kemitraan baru dengan Mitsubishi ini akan membantu Nissan dalam mewujudkan rencana tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com