Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Oli CVT Nissan Grand Livina Pakai Idemitsu?

Kompas.com - 10/03/2024, 13:21 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Idemitsu merupakan perusahaan pelumas asal Jepang yang memproduksi beberapa produk oli merek Nissan, termasuk CVTF untuk transmisi.

Selain menyuplai oli untuk Nissan, Idemitsu juga memasarkan oli sendiri dengan merek Idemitsu. Sehingga, oli ini cukup banyak diandalkan di pasaran sebagai substitusi oli Nissan.

Lantas, apakah Idemitsu CVTF boleh digunakan untuk mengganti oli CVT Nissan?

Baca juga: Ulas Plus Minus Transmisi Mobil Matik AT dan CVT

Grand Livina generasi kedua banyak diburu masyarakatTangkapan layar Grand Livina generasi kedua banyak diburu masyarakat

Jamaludin, Head of Nissan Academy PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mengatakan saat ini semua mobil merek Nissan sudah pakai oli CVT dengan spesifikasi NS3.

“Semua, termasuk Grand Livina seri L11 sudah pakai NS3, terakhir yang masih pakai NS2 ada pada X-Trail 2008,” ucap Jamal kepada Kompas.com, Sabtu (9/3/2024).

Jamal mengatakan pihak NMDI selaku distributor resmi menyediakan Nissan Genuine Oil CVTF NS3 untuk semua oli CVT merek Nissan.

Baca juga: Cara Mudah Bedakan Xpander Matik Konvensional dan CVT

Idemitsu CVTF yang banyak beredar di pasaran spesifikasinya NS1/NS2Tangkapan layar Idemitsu CVTF yang banyak beredar di pasaran spesifikasinya NS1/NS2

Adapun Idemitsu memang produsen oli merek Nissan, sehingga bila konsumen ingin menggunakan oli merek tersebut tidak ada masalah secara teknis.

“Pakai Idemitsu boleh, tapi pakainya yang spesifikasi NS3 sebagai mana anjuran dari pabrikan, jika tidak maka ada potensi performa menurun, masa pakainya menurun dan sejenisnya,” ucap Jamal.

Rofiq Zunarto, Pemilik Kebat Motors Spesialis Nissan & Datsun Bintaro mengatakan pemakaian oli Idemitsu CVTF untuk Grand Livina bisa dilakukan.

Baca juga: Kesalahan yang Bikin Mobil Matik CVT Cepat Rusak


“Grand Livina bisa pakai Idemitsu CVTF, selama ini pakai oli tersebut aman dengan anjuran internal penggantian tiap 30.000 Km, berbeda kalau pakai Nissan CVTF NS3 intervanya tiap 40.000 Km,” ucap Rofiq kepada Kompas.com, Sabtu (9/3/2024).

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Idemitsu masih memasarkan CVTF dengan spesifikasi NS2 dengan banderol lebih terjangkau di pasaran. Sehingga, kerap menjadi rujukan saat hendak mengganti oli CVT.

Selain itu Idemitsu juga menjual CVTF N3 dengan spesifikasi NS3 seperti yang dianjurkan oleh pihak pabirkan Nissan untuk dipakai pada semua jenis CVT Nissan. Jadi, bila hendak memilih oli CVT Idemitsu untuk Grand Livina sebaiknya perhatikan spesifikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com