Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Estimasi Biaya Mudik Jakarta-Yogyakarta Pakai Mitsubishi Xpander

Kompas.com - 01/04/2024, 10:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mudik saat Lebaran merupakan tradisi buat sebagian besar masyakarat Indonesia. Mudik merupakan salah satu kegiatan yang paling ditunggu dalam satu tahun.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Yogyakarta merupakan salah satu destinasi utama masyarakat untuk mudik. Bahkan bukan cuma pulang kampung tapi juga berlibur karena di "Jogya" memang banyak destinasi wisata.

Redaksi Kompas.com mencoba memberikan estimasi biaya yang dibutuhkan pemudik jika menggunakan Mitsubishi Xpander untuk perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta menggunakan Jalan Tol Trans-Jawa.

Mitsubishi Xpander Ultimate CVTKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mitsubishi Xpander Ultimate CVT

Ada dua faktor yang dihitung, pertama ialah estimasi tol dan kedua biaya bensin.

Baca juga: Merek Mobil China BAIC Segera Diproduksi Lokal

Merangkum dari situs resmi Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, berikut daftar tarif tol dari Jakarta ke Yogyakarta untuk golongan I atau mobil pribadi.

- Tol Jakarta-Cikampek: Rp 27.000
- Tol Cikopo-Palimanan: Rp 119.000
- Tol Palimanan-Kanci: Rp 13.500
- Tol Kanci-Pejagan: Rp 31.500
- Tol Pejagan-Pemalang: Rp 66.000
- Tol Pemalang-Batang: Rp 47.500
- Tol Batang-Semarang (Kalikangkung): Rp 111.500
- Tol Semarang ABC: Rp 5.500
- Tol Semarang ABC-Solo: Rp 92.000

Kemudian dari Solo, pemudik dapat melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta melalui jalan Klaten-Yogyakarta via Kartasura. Maka jika ditotal pengeluaran biaya tol sebesar Rp 513.500.

Test drive Mitsubishi XpanderKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test drive Mitsubishi Xpander

Untuk diketahui, pemerintah dikabarkan akan memberikan diskon tarif tol saat lebaran 2024. Meski begitu belum diketahui ruas tol mana saja yang akan mendapat diskon tersebut.

Pada pengetesan sebelumnya, redaksi Kompas.com, mencatat konsumsi BBM Xpander yaitu 15,9 Km per liter. Artinya, satu liter BBM bisa membuat Xpander jalan sejauh 15,9 Km. Sebagai catatan Xpander yang dipakai ialah tipe Ultimate terbaru yang tidak memiliki fitur idling start-stop.

Baca juga: Mau Mudik Lebaran, Jangan Pasang Lampu Putih di Belakang

Untuk diketahui, panjang Tol Jakarta – Solo yaitu 538 Km, kemudian jalan Klaten-Yogyakarta kurang lebih 40 km sehingga total jarak 578 Km.

Jika jarak dibagi dengan konsumsi BBM maka mobil membutuhkan setidaknya 36,3 liter atau dibulatkan jadi 36 liter agar bisa sampai tujuan.

Mitsubishi Xpander tipe UltimateKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mitsubishi Xpander tipe Ultimate

Kemudian jika jumlah bensin dikali dengan harga Pertamax yaitu Rp 12.950 per liter (Maret 2024 wilayah Jakarta) maka hasilnya Rp 466.200.

Baca juga: Viral, Mobil BMW X1 Terbakar karena Petasan

Kalau ditotal, maka untuk perjalanan dari Jakarta-Surabaya dibutuhkan biaya tol sebesar Rp 513.500 dan bensin Rp 466.200 menjadi Rp 979.700.

Perlu dicatat, hitungan ini bersifat estimasi, belum termasuk biaya tambahan berupa konsumsi, akomodasi, jarak dari rumah ke tol, hingga biaya penunjang lain untuk liburan.

Selain itu, banyak faktor dan kondisi yang juga mempengaruhi konsumsi BBM. Mulai gaya berkendara, bobot kendaraan, jenis bahan bakar yang digunakan, serta waktu tempuh ke tujuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com