Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Mudik, Begini Cara Cek Kelaikan Bus Pakai Aplikasi MitraDarat

Kompas.com - 01/04/2024, 07:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus AKAP masih masih menjadi pilihan sejumlah masyarakat yang ingin mudik ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran.

Agar perjalanan mudik tahun ini lebih aman, ada baiknya calon penumpang lebih jeli dengan memeriksa apakah bus yang akan digunakan sudah layak atau belum.

Sejalan dengan hal ini, kini masyarakat juga bisa memeriksa kelaikan bus dengan memanfaatkan teknologi yang bisa diakses menggunakan ponsel. 

Kini mengecek kelaikan jalan angkutan bus bisa menggunakan aplikasi MitraDarat guna memastikan keamanan dan keselamatan di perjalanan. Untuk mendapatkan aplikasi ini, masyarakat hanya perlu mengunduh secara gratis melalui Appstore atau Playstore. 

Baca juga: Chery Bakal Perkenalkan Banyak Mobil, Termasuk Plug-in Hybrid

Nantinya, laik atau tidaknya kendaraan akan terlihat dari izin operasional angkutan dan keterangan kelulusan uji berkala pada aplikasi tersebut. Calon penumpang hanya perlu memasukan nomor kendaraan atau bus pada fitur Cek Laik yang ada di aplikasi.

Aplikasi MitraDaratHubdat Aplikasi MitraDarat
 

Baca juga: Jadwal Pembatasan Operasional Truk Selama Mudik Lebaran 2024

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno mengatakan, pengecekan kelaikan bus sebelum digunakan menjadi langkah yang sangat penting dilakukan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi di jalan saat mudik Lebaran 2024.

"Maka kami imbau seluruh masyarakat baik yang menyewa kendaraan bus atau yang menjadi penumpang pada umumnya dapat memastikan busnya aman dan berkeselamatan sebelum melakukan perjalanan," kata Hendro dikutip dari keterangan resminya, Senin (1/4/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com