Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Buka Kemungkinan Hadirkan Mobil Hybrid Baru

Kompas.com - 30/03/2024, 08:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BEKASI, KOMPAS.com - Kehadiran Suzuki Ertiga Hybrid dan Suzuki XL7 Hybrid di pasar dalam negeri setahun belakangan berhasil mendapatkan respons positif.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada 2023 kedua model tersebut bahkan berkontribusi 26 persen terhadap pertumbuhan segmen mobil hybrid nasional.

Tercatat, Suzuki XL7 Hybrid yang menjadi HEV terlaris nomor dua, mencetak penjualan tahuan 7.898 unit. Sementara tepat di bawahnya ada Ertiga Hybrid dengan penjualan 5.728 unit.

Baca juga: Mudik Pakai Mobil, Ini 7 Pengecekan yang Tak Boleh Diabaikan

Suzuki XL7 di IIMS 2024KOMPAS.com/Gilang Suzuki XL7 di IIMS 2024

Atas pencapaian positif itu, Department Head Strategic Planning PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Joshi Prasetya bersyukur teknologi yang dihadirkan mampu menjawab keinginan masyarakat.

Sehingga ke depannya, perusahaan akan terus berjuang untuk selalu menghadirkan produk terkini yang cocok dengan karakteristik pasar dalam negeri, juga sesuai langkah prinsipal.

"Minat masyarakat terhadap produk hybrid Suzuki sangat signifikan, dan ini sudah sesuai dengan tujuan global untuk mengadopsi mobil ramah lingkungan," katanya di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (28/3/2024).

"Saat ini kita produksi kendaraan hybrid berasa sangat mungkin untuk produksi selanjutnya untuk mengadopsi teknologi serupa (hyrbid)," ucap Joshi.

Baca juga: Pastikan Mudik Lebaran 2024 Aman, Suzuki Siagakan 56 Bengkel

Suzuki Ertiga Hybrid Cruise meluncur di IIMAS 2024KOMPAS.com/ADITYO WISNU PRABOWO Suzuki Ertiga Hybrid Cruise meluncur di IIMAS 2024

Apalagi dalam perkembangan terkini Suzuki Global, teknologi hybrid terus digodok agar menghasilkan suatu teknologi paling mutakhir dan bisa diadopsi semua golongan masyarakat.

Meski begitu, Joshi masih enggan untuk mengungkap lebih jauh soal modal yang berkemungkinan untuk masuk ke Tanah Air mendatang.

"Secara global sebenarnya kita punya banyak, termasuk juga yang full hybrid. Tapi saya belum bisa bicara," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com