Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Dipaksa, Ini Cara Buka Pintu Mobil Saat Keyless Tidak Berfungsi

Kompas.com - 25/03/2024, 16:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Mobil modern biasanya dibekali sistem keamanan canggih seperti smart key atau keyless. Sehingga mobil bisa dibuka tanpa melibatkan anak kunci hanya dengan modal membawa remotenya.

Kemudahan dalam mengakses ini sekaligus dapat meningkatkan keamanan mobil dari pencurian karena sistem akan melindunginya dengan program keamanan berlapis mulai dari alarm, hingga mesin tidak bisa dihidupkan.

Hanya saja ada cara khusus untuk membuka pintu mobil ketika remote keyless sedang bermasalah seperti kehabisan daya baterai atau gangguan sinyal. Dengan kata lain, konsumen tidak perlu panik atau membuka paksa pintu mobil.

Baca juga: Cara Menyalakan Mesin Mobil Saat Baterai Remote Keyless Habis

Remote keyless pada Nissan X-TrailKompas.com/Erwin Setiawan Remote keyless pada Nissan X-Trail

Foreman Aha Motor Yogyakarta Aji Dwi Nugroho mengatakan kendala dalam menggunakan remote keyless biasanya karena ada gangguan sinyal atau daya baterai remote sudah melemah sehingga pintu mobil tidak bisa dibuka dengan cara seperti biasanya.

“Baterai pada remote keyless biasanya tidak habis secara mendadak, melainkan akan ada peringatan atau gejala bila dayanya mulai melemah, dalam kondisi seperti ini pintu dapat dibuka dengan cara menempelkan remote pada knob gagang pintu,” ucap Aji kepada Kompas.com, Senin (25/3/2024).

Aji mengatakan pada area knob gagang pintu tersebut merupakan area sensor penerima sinyal sehingga ketika jarak remote dengan sensor dekat maka akan lebih mudah terbaca dan akan memberikan akses untuk membuka kunci.

Baca juga: Cara Paling Mudah Rawat Keyless Mobil

Kunci keyless entry ToyotaZulfana K. Rijal Kunci keyless entry Toyota

“Batas daya baterai remote keyless bisa bekerja optimal sekitar 2,8 volt, sedangkan barunya 3,0 volt, setelah kurang dari limit biasanya performa remote akan menurun, kadang remote susah dioperasikan seperti susah sinyal,” ucap Aji.

Aji mengatakan bila daya baterainya benar-benar habis, maka pintu mobil tidak akan bisa terbuka dengan cara tersebut melainkan harus menggunakan alternatif lain.

“Beberapa sistem keyless pada mobil dilengkapi oleh anak kunci yang tersematkan bersama dengan remotenya, hanya saja lokasinya tersembunyi karena sesuai fungsinya bisa digunakan saat kondisi darurat,” ucap Aji.

Baca juga: Bikin Sistem Keyless dan Start Engine via Remote mulai Rp 1,5 Jutaan


Aji mengatakan anak kunci bisa digunakan seperti kunci pada biasanya untuk membuka pintu. Jika kondisi baterai remotenya masih cukup untuk memancarkan sinyal maka alarm tidak akan berbunyi.

Aji mengatakan membuka pintu dengan cara manual atau menggunakan anak kunci tetap saja membutuhkan konfirmasi bahwa ada remote di area, bila tidak maka itu sama saja dianggap membuka paksa pintu mobil oleh sistem keyless.

Jadi, pintu mobil dengan sistem keyless bisa dibuka secara manual dalam kondisi darurat selama di area tersebut ada remote beserta anak kuncinya termasuk ketika baterai remote lemah atau terdapat gangguan sinyal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com