Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korlantas Kolaborasi dengan Google, Bisa Pantau Arus Mudik di Maps

Kompas.com - 22/03/2024, 03:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam rangka menyukseskan arus mudik dan balik Lebaran 2024, Korlantas Polri melakukan kolaborasi dengan Google Maps untuk menyiapkan informasi data jalan yang tepat dan cepat saat Mudik Lebaran.

Kasubagdalops Bag Ops Korlantas Polri AKBP Renaldi mengatakan, kerja sama ini dilakukan untuk mempermudah pengendara menggunakan peta digital dalam memandu perjalanan mudik dan balik Lebaran 2024.

Nantinya, akan ada data berupa simbol-simbol pengalihan arus, buka tutup arus, contra flow, hingga sistem oneway secara situasional pada tampilan Google Maps yang bisa terpantau secara real time.

Baca juga: Mobil yang Identik Kerap Alami Kerusakan di Bagian Kaki-kaki

Google mengubah pola warna Google Maps. Warna yang paling terlihat ada pada warna jalanan yang menjadi abu-abu, Rabu (22/11/2023). 9to5google Google mengubah pola warna Google Maps. Warna yang paling terlihat ada pada warna jalanan yang menjadi abu-abu, Rabu (22/11/2023).

“Hari ini kita sudah melaksanakan kegiatan roundtable bersama dengan Google Indonesia,” ujar Renaldi, dilansir dari laman Humas Polri, Kamis (21/3/2024).

“Di mana nanti kita melaksanakan kegiatan pengamanan yang nanti adanya rekayasa arus lalu lintas kemudian adanya pengalihan arus dan itu juga akan terpampang jelas nanti di fitur-fitur yang ada di Google,” kata dia.

Sementara itu, Strategic Partnerships Development Manager Google Maps Galuh Rohmah, mengatakan, kerja sama ini sangat membantu masyarakat dalam melakukan perjalanan mudik.

Baca juga: Ini Jarak Maksimal Terlambat Ganti Oli Motor

“Untuk Google Maps sendiri priotitas kami adalah membantu pemerintah dalam mengaplikasikan peraturan-peraturan rekayasa lalu lintas yang diberikan untuk dapat diakses di Google Maps,” ucap Galuh.

“Sehingga kami berusaha membantu masyarakat atau pemudik melakukan aktivitas mudik dengan nyaman, aman dan juga dengan lancar,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com