Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Solo-Yogyakarta Dibuka buat Mudik Lebaran, Ini Jadwalnya

Kompas.com - 21/03/2024, 16:51 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Jalur tol fungsional Solo-Yogyakarta mulai disiapkan kembali untuk digunakan pada musim Mudik Lebaran mendatang.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana, mengatakan, sejumlah upaya dilakukan untuk meningkatkan pelayanan selama periode Lebaran 2024.

Salah satunya dengan menyiapkan alternatif jalur fungsional dan akses jalan tol untuk mendistribusikan lalu lintas, di antaranya yaitu Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Yogya-Solo).

Baca juga: Mobil yang Identik Kerap Alami Kerusakan di Bagian Kaki-kaki

Sebagian ruas Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo akan kembali difungsionalkan untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran tahun 2024.Dok. Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Sebagian ruas Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo akan kembali difungsionalkan untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran tahun 2024.

“Untuk Jalan Tol Yogya-Solo pada periode Lebaran 2024 ini terdapat penambahan panjang ruas fungsional dari Colomadu sampai Ngawen sepanjang 22,3 Km dari (dari sebelumnya Kartasura-Karanganom 13 KM),” ujar Lisye, dalam keterangan resmi (21/3/2024).

“Jalur fungsional ini akan tersambung ke Jalan Provinsi Jatinom-Boyolali kemudian ke Jalan Nasional Yogya-Solo,” kata dia.

Lisye juga mengatakan, jalur fungsional ini akan beroperasi pada pukul 06.00 sampai 17.00 WIB pada periode arus mudik (5-11 April 2024) dan periode arus balik (12-15 April 2024) serta dibuka hanya untuk kendaraan golongan 1 non bus.

Baca juga: Jangan Tunggu Habis, Ini Tanda Kampas Rem Sudah Minta Ganti

Sebelumnya pihak PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) sudah membuka Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Jogja-Solo) secara fungsional saat menyambut arus mudik dan balik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024.

Menariknya ketika itu, panjang tol fungsional ini hanya 12 Km. Namun kini sudah lebih panjang mencapai 22,3 Km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com