Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda CBR1000RR-R Fireblade SP Carbon Edition, Cuma 300 Unit

Kompas.com - 20/03/2024, 04:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda merilis edisi spesial dari motor supersport yakni CBR1000RR-R Fireblade SP Carbon Edition. Motor dengan mesin 1.000cc ini cuma dijual terbatas, 300 unit.

Secara tampilan, bentuk dari Carbon Edition ini sebenarnya tidak beda jauh dengan Fireblade SP yang biasa. Cuma, pemilihan bahan premium yang kuat dan ringan seperti serat karbon digunakan di berbagai sisi.

Misal di bagian depan mulai dari sepatbor, winglet, fairing atas, tengah, dan bawah semua serat karbon. Begitu juga di bagian tangki tepatnya cover udara sampai ke hugger roda belakang juga pakai bahan serat karbon.

Baca juga: Cek Diskon Motor Honda di Bulan Ramadhan, Tembus Rp 5 Jutaan

Honda CBR1000RR-R Fireblade SP Carbon EditionHONDA.co.uk Honda CBR1000RR-R Fireblade SP Carbon Edition
 

Hasilnya, ada penghematan bobot sampai 1 Kg secara total. Memang terdengar sedikit, cuma bisa mengurangi bobot 1 Kg untuk motor supersport sudah baik.

Dikutip dari laman Honda Inggris, komponen serat karbon yang digunakan terinspirasi dari motor balap Honda di MotoGP. 

Secara tampilan, carbon edition ini sangat simpel, beberapa komponen hitam dan sisanya serat karbon tanpa dilapis cat. Jadi beda dengan Fireblade SP yang khas dengan warna tricolor ala HRC, model terbatas ini cuma hitam saja.

 Baca juga: Pilihan Mobil Bekas buat Mudik, MPV Masih Favorit


Soal performa, tidak ada peningkatan dari model yang jadi basisnya. Mesin tetap 1.000cc empat silinder segaris yang menghasilkan tenaga 160 kW atau setara 214,5 TK di 14.00 RPM dan torsi 113 Nm di 12.000 RPM.

Harganya, CBR1000RR-R Fireblade SP Carbon Edition dibanderol 26.749 Poundsterling atau sekitar Rp 531 jutaan. Sedangkan untuk yang standar harganya 23.499 Poundsterling atau sekitar Rp 467 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com