Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waktu yang Tepat Beli Mobil Bekas buat Dipakai Mudik Lebaran

Kompas.com - 15/03/2024, 14:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bulan Ramadhan bisa dijadikan momentum tepat untuk membeli mobil bekas. Selain karena waktunya sesuai sebelum mudik lebaran, ketersediaan unitnya juga cukup banyak arena sudah disiapkan oleh pedagang.

Bagi calon konsumen yang hendak membeli mobil bekas, ada beberapa anjuran yang bisa dijadikan rujukan agar transaksi berjalan mulus dan tanpa kendala.

Poin utama yang harus diperhatikan saat membeli mobil bekas selama Ramadhan adalah pemilihan waktu, poin ini sangat ditekankan oleh pedagang.

Michael Mandala, Penanggung Jawab Sentra Mobil Bekas Mandala Mobilindo Gading Serpong, menganjurkan konsumen untuk membeli mobil di dua minggu pertama bulan Ramadhan.

Baca juga: Konsumen Daihatsu Belum Butuh Kendaraan Elektrifikasi

Minggu Pertama Ramadhan, Penjualan Mobil Bekas Naik 50 PersenKompas.com/Daafa Alhaqqy Minggu Pertama Ramadhan, Penjualan Mobil Bekas Naik 50 Persen

Alasannya cukup ringkas, karena berkaitan dengan waktu pengurusan, persiapan kendaraan dan dokumen wajib yang dibutuhkan.

“Proses pengurusannya lumayan makan waktu, enggak sesimpel itu juga. Apalagi kalau konsumennya dari Depok atau Bekasi, (pengurusannya) bisa 4 hari,” ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (14/3/2024).

Michael menjelaskan, proses terpanjang adalah mempersiapkan kendaraan dan mengunci akad jual beli dengan konsumen. Biasanya, sukses atau tidaknya transaksi ditentukan di poin terakhir ini.

“Kalau mepet-mepet mudik, malah banyak stress dan capeknya. Terlalu merepotkan buat bakul (penjual) dan customer,” ucapnya.

Baca juga: Kasus Xpander Tabrak Porsche di Showroom, Bisa Ditanggung Asuransi?

Inspeksi mobil bekas Inspector Mobil Inspeksi mobil bekas

Penjelasan senada juga disampaikan oleh Alfian, Manager Showroom Empire Auto Mangga Dua Square. Belajar dari pengalaman pribadi, dirinya meminta konsumen untuk tidak membeli mobil mendekati hari akhir ramadhan.

“Bukannya melarang, kalau mau dan yakin silahkan saja. Tapi kalau pengalaman saya, sekitar 80 persen itu enggak jadi deal,” kata dia.

Menurut dia, konsumen yang mulai mencari mobil bekas di minggu pertama atau kedua akan punya banyak keunggulan. Mulai dari lebih leluasa melakukan inspeksi, test drive, bahkan komparasi.

“Kalau belinya enggak buru-buru enak, amannya beli mobkas itu minggu kedua puasa,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com