Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Merek Helm dan Baju Balap di MotoGP, Alpinestars Paling Laris

Kompas.com - 16/03/2024, 18:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak merek helm dan baju balap di dunia, tapi hanya sedikit yang kualitasnya diakui para pebalap di MotoGP. Dengan sekian banyak merek tersebut, Alpinestars ternyata yang paling laris alias paling dipercaya.

Helm dan baju balap di MotoGP harus memiliki kualitas yang sangat baik. Sebab, dua perlengkapan ini yang menjadi faktor sangat krusial untuk melindungi keselamatan pebalap.

Baca juga: Mengenal Chatter, Masalah pada Motor MotoGP

Untuk helm, harus dibuat seringan mungkin, tapi juga sekuat mungkin. Selain itu, harus bisa memberikan visibilitas dan kenyamanan yang maksimal.

Francesco Bagnaia (Ducati) memimpin selama balapan MotoGP Qatar 2024 di Sirkut Lusail, Senin (11/3/2024) dini hari WIB. Artikel ini berisi klasemen MotoGP Qatar 2024.(Photo by KARIM JAAFAR / AFP)AFP/KARIM JAAFAR Francesco Bagnaia (Ducati) memimpin selama balapan MotoGP Qatar 2024 di Sirkut Lusail, Senin (11/3/2024) dini hari WIB. Artikel ini berisi klasemen MotoGP Qatar 2024.(Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

Begitu pula dengan baju balap, harus bisa dibuat sekuat mungkin. Tapi, baju balap juga harus tetap dibuat fleksibel dan nyaman, baik saat pebalap berada di paddock maupun saat balapan.

Setiap pebalap pada umumnya sangat setia dengan satu merek yang digunakannya. Sebab, untuk penggunaan helm dan baju balap, sifatnya lebih personal. Sehingga, dalam satu tim pabrikan, bisa saja ada dua pebalap yang menggunakan merek yang berbeda.

Baca juga: Gresini Racing Optimistis Hadapi MotoGP Portugal 2024

Salah satu pebalap yang setia adalah Valentino Rossi, dengan baju balap Dainese dan helm AGV. Kebetulan, kedua merek tersebut juga berasal dari Italia. AGV juga sudah diakuisisi oleh Dainese. Jadi, pebalap yang menggunakan Dainese akan satu paket dengan AGV.

Marc Marquez mengungguli Marco Bezzecchi dan Alex Marquez di sesi kualifikasi MotoGP Qatar 2024Gresini Racing Marc Marquez mengungguli Marco Bezzecchi dan Alex Marquez di sesi kualifikasi MotoGP Qatar 2024

Tapi, ada juga pebalap yang bergonta-ganti merek helm, seperti Aleix Espargaro yang pernah menggunakan Shark, KYT, dan sekarang Kabuto. Lalu, ada Jorge Martin yang sebelumnya menggunakan Shark dan Jack Miller dengan AGV, yang sekarang beralih ke Alpinestars.

Untuk baju balap, tidak hanya Dainese dan Alpinestars saja, tapi ada juga beberapa merek lainnya. Namun, dari 22 pebalap aktif di MotoGP, setengahnya mempercayakan keselamatannya pada Alpinestars. Sementara untuk helm, merek yang digunakan lebih beragam lagi.

Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Qatar 2024Dok. Yamaha Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Qatar 2024

Berikut ini deretan merek helm dan baju balap yang digunakan para pebalap di MotoGP:
Alpinestars (11)
Francesco Bagnaia
Maverick Vinales
Fabio Quartararo
Enea Bastianini
Raul Fernandez
Pedro Acosta
Alex Rins
Jack Miller
Alex Márquez
Jorge Martin
Marc Márquez
Dainese (5)
Luca Marini
Franco Morbidelli
Joan Mir
Fabio di Giannantonio
Marco Bezzecchi
Ixon (4)
Taka Nakagami
Brad Binder
Aleix Espargaró
Miguel Oliveira
Rev’It (1)
Augusto Fernandez
Furygan (1)
Johann Zarco

Helm
AGV (4)
Luca Marini
Joan Mir
Franky Morbidelli
Marco Bezzecchi
Shark (3)
Zarco
Oliveira
Raul Fernandez
Alpinestars (3)
Jack Miller
Jorge Martin
Pedro Acosta
Shoei (3)
Marc Márquez
Alex Márquez
Fabio di Giannantonio
Arai (2)
Maverick Vinales
Takaaki Nakagami
HJC (2)
Fabio Quartararo
Brad Binder
KYT (2)
Augusto Fernandez
Enea Bastianini
Scorpion (1)
Alex Rins
Kabuto (1)
Aleix Espargaró
Suomy (1)
Pecco Bagnaia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com