Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Marquez Gagal Podium di MotoGP Qatar

Kompas.com - 14/03/2024, 14:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Gresini Racing Marc Marquez memulai debut bersama Ducati dengan hasil yang cukup positif. Marquez berhasil finis di posisi keempat pada balapan perdananya yang berlangsung di Sirkuit Losail Qatar.

Marquez menyelesaikan balapan di posisi empat, tepat di belakang Jorge Martin yang podium di posisi tiga.

Pebalap asal Spanyol itu pun mengungkapkan alasan dirinya tidak menyalip Jorge Martin di MotoGP Qatar. Marquez mengaku khawatir dengan kondisi ban depannya, sehingga lebih memilih untuk mempertahankan posisinya agar terhindar dari kecelakaan.

Baca juga: Pelanggan Mulai Menerima Truk dan Bus Euro 4 dari Mercedes Benz

"Dua lap terakhir saya menyerah karena saya melihat ada peluang untuk terjatuh. Dan kesempatan untuk mengambil dua poin lagi, tiga poin lagi. Saya lebih suka finis keempat dan menunggu dua minggu di Portimao,” ucap Marquez, dikutip dari Crash, Kamis (14/3/2024).

Marquez turut menjelaskan penampilan perdananya bersama Ducati. Menurutnya, balapan dengan motor Desmosedici GP23 cukup berbeda dengan motor Honda yang sudah ditunggangi selama 11 tahun lamanya.

Marc MarquezTwitter.com/@GresiniRacing Marc Marquez

"Kami menganalisa banyak hal bersama tim untuk mencoba mengatur start, hari ini lebih baik. Jadi, ini sangat membantu balapan. Kemudian saya bisa mengelola ban dengan baik,” kata Marquez.

“Hari ini sebagian besar pembalap mengatur bagian belakang, tapi saya lebih banyak mengatur bagian depan daripada bagian belakang karena setiap tahun dengan motor yang lain (Honda) saya sedikit kesulitan dengan ban depan di lintasan balap ini,” lanjutnya.

Baca juga: Semarang Banjir, Pengguna Kendaraan Harus Ingat Bahaya Water Hammer

Sebagai informasi, saat ini Marquez berada di posisi keempat klasemen MotoGP dengan raihan 18 poin. Puncak klasemen sementara dihuni oleh Francesco Bagnaia dengan 31 poin, diikuti Brad Binder 29 poin dan Jorge Martin yang menutup tiga besar dengan 28 poin.

Adapun untuk seri kedua MotoGP 2024 bakal digelar di Portugal, tepatnya di Sirkuit Internasional Algarve pada 22-24 Maret 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com