Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Kendaraan Niaga Lesu, Fuso Tetap Kuasai Pasar 2023

Kompas.com - 15/03/2024, 08:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Indonesia kembali mempertahankan posisi pertama kendaraan niaga terlaris di 2023.

Aji Jaya, Sales & Marketing Director KTB, mengatakan, ini menjadi tahun ke 53 Fuso menempati posisi kendaraan niaga terlaris di Tanah Air. 

"Kendati kondisi pasar penuh tantangan, Mitsubishi Fuso tetap berhasil mempertahankan sebagai market leader dengan raihan market share 39,2 persen atau setara dengan 33.283 unit pada 2023 dengan volume pasar sebanyak 84.957 unit," kata Aji di Jakarta, Kamis (14/3/2024). 

Baca juga: Masih Banyak Pengendara Tidak Pakai Sabuk Pengaman, Ini Sanksinya

Mitsubishi Fuso eCanter di Giicomvec 2024KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Mitsubishi Fuso eCanter di Giicomvec 2024

Aji menjelaskan, sepanjang 2023 kondisi pasar kendaraan niaga di Indonesia mengalami dinamika yang cukup bergejolak. Pasar kendaraan niaga secara Nasional tahun lalu mengalami penurun hingga 9 persen jika dibandingkan tahun 2022.

Kondisi ini membuat target Fuso yang ingin mengusai pangsa pasar sebesar 45 persen di 2023 jadi meleset.

Secara rinci, penyumbang terbesar penjualan Fuso dipimping oleh Canter untuk kelas light duty truck (LDT) sebanyak 29.062 unit dengan pangsa pasar 53 persen.

Kemudian ada kelas medium duty truk (MDT) yakni Fighter X mencatat pertumbuhan positif dengan pangsa pasar 18 persen atau sebanyak 4.179 unit.

Baca juga: Buka Puasa Saat Berkendara, Cukup Sekadar Membatalkan

"Mitsubishi Fuso juga mencatatkan rekor penjualan spare part tertinggi pada tahun 2023, naik hingga 17 persen jika dibandingkan tahun 2022.  Ketersediaan spare part diseluruh wilayah Indonesia akan memudahkan konsumen untuk melakukan perawatan dan perbaikan kendaraan operasional mereka," kata Aji. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com