Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Hilangkan Baret Halus di Bodi Mobil, Bisa Dilakukan Sambil Ngabuburit

Kompas.com - 12/03/2024, 15:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan berjalannya waktu dan pemakaian rutin, bodi mobil akan mengalami defect alias kerusakan minor sedikit demi sedikit. Satu contohnya yakni muncul baret-baret halus di beberapa area.

Baret halus ini dikenal pula dengan istilah jaring laba laba, karena tampak seperti benang tipis. Goresannya memang tidak terlalu dalam, tapi tentu tidak nyaman dipandang.

Beruntungnya, kendala semacam ini tidak terlalu fatal dan bisa dengan mudah ditangani. Waktu pengerjaannya pun terbilang singkat, cocok dijadikan aktivitas santai sembari ngabuburit di bulan puasa.

Robby Kurniawan, CEO AutoGlaze Indonesia menjelaskan, pemilik mobil membutuhkan setidaknya tiga komponen untuk menghilangkan baret halus, yakni rubbing compound dan polishing compound, serta lap microfiber.

Baca juga: Masyarakat Bisa Titip Jual Motor dan Mobil Bekas di Balai Lelang Ini

Membersihkan bodi mobil menggunakan produk pembersihKompasOtomotif Membersihkan bodi mobil menggunakan produk pembersih

Cara pengerjaannya terbilang cukup mudah, pertama-tama cucilah mobil dengan sabun lalu keringkan. Kemudian oleskan rubbing compound yang bertekstur sedikit kasar di area baret, dan diamkan.

Compound buat spiderweb (baret halus) itu ada dua, yang rubbing dan polishing. Buat di awal, pakai rubbing dulu,” ucapnya kepada Kompas.com di Tangerang, pekan lalu.

Setelah didiamkan, bersihkan area menggunakan kain microfiber tebal. Langkah ini bisa diulangi beberapa kali sampai baret terlihat hilang.

Baca juga: Siap Perang Harga, Jetour Akan Rakit Mobil di Bekasi

Cairan pelapis cat mobil, melindungi dari ancaman goresan.Donny Apriliananda/Kompas.com Cairan pelapis cat mobil, melindungi dari ancaman goresan.

Selanjutnya, aplikasikan polishing compound di area bekas baret, untuk menutupi dan melindungi bagian yang masih terekspos.

“Rubbing compound itu jadi semacam ampelas untuk cat luar. Jadi baretnya diampelas dulu, barulah kalau sudah rata, ditutup dengan lapisan baru,” kata dia.

Robby menjelaskan jika proses ini tidak terlalu lama, dan mungkin memakan waktu sekitar dua sampai tiga jam saja dari awal hingga akhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com