Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkendara Saat Hujan, Pastikan Selalu Jaga Jarak Aman

Kompas.com - 09/03/2024, 09:42 WIB
Selma Aulia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat musim penghujan seperti ini pengemudi kendaraan bermotor harus lebih berhati-hati. Pasalnya, kondisi jalan akan licin dan ketika hujan deras jarak pandang akan terbatas.

Seperti yang diunggah oleh akun X (Twitter) @TMCPoldaMetro, Jumat (8/3/2024) yang menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati saat berkendara di kondisi hujan.

“Sebagian wilayah DKI Jakarta mulai diguyur hujan. Tetap hati-hati , waspadai jarak pandang terbatas dan jaga jarak aman kendaraan anda,” tulis akun tersebut.

Baca juga: Klarifikasi Kemenperin Soal Mobil Rakyat di Bawah Rp 250 Juta

 

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving and Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, saat hujan lebat visibilitas dan daya cengkram ban akan berkurang.

“Saat mengemudi pada kondisi hujan deras visibilitas berkurang, sehingga harus menurunkan kecepatan, minimal 10 km dari keceparan normal,” kata Jusri kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Jusri menjelaskan, dengan menurunkan kecepatan minimal 10 Km dari biasanya ini akan mempermudah jarak pandang ketika pengemudi.

Baca juga: Perluas Jaringan, Ford Siap Buka Diler di Bali


Sementara, Head of Safety Riding Wahana Agus Sani mengatakan, pastikan pandangan lurus ke depan ketika berkendara saat hujan.

Pandangan mata harus terus fokus ke depan supaya bisa mengantisipasi bahaya. Saat hujan mata jadi lebih terbatas, sehingga kecepatan juga harus dijaga.

Jaga jarak aman dengan kendaraan lain agar saat mengerem mendadak masih dalam kondisi aman,” kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com