Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kijang Innova Zenix Hybrid Jadi Produk Terlaris Toyota di IIMS 2024

Kompas.com - 27/02/2024, 19:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) menutup pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 dengan hasil gemilang. Selama 10 hari gelarannya, pemesanan (SPK) yang tercatat tembus 2.540 unit.

Capaian tersebut meningkat 30 persen dari tahun lalu dengan 1.947 unit. Ini didorong oleh peningkatan penjualan pada kendaraan elektrifikasi Toyota, alias xEV.

Di mana, Kijang Innova Zenix HEV mencatat 411 SPK atau berkontribusi 16,2 persen dari total keseluruhan pesanan mobil baru Toyota. Selanjutnya ada Avanza dengan 380 SPK (15 persen) diikuti Yaris Cross HEV 217 SPK.

Baca juga: Penjualan Mobil Hybrid Positif Januari 2024, Innova Zenix Berkuasa

Toyota Innova Zenix di IIMS 2024Kompas.com/Daafa Alhaqqy Toyota Innova Zenix di IIMS 2024

"Terima kasih atas kepercayaan pengunjung IIMS 2024 yang telah memilih kendaraan Toyota yang didukung mobility ecosystem komplit dan lengkap," kata Vice President Director TAM, Henry Tanoto dalam siaran pers, Selasa (27/2/2024).

"Dengan multi pathway strategy, TAM menyediakan pilihan kendaraan xEV yang semakin diterima semua segmen masyarakat, mulai dari Yaris Cross HEV dan Kijang Innova Zenox HEV, sampai Vellfire HEV yang baru dirilis," lanjut dia.

Kondisi ini merupakan sinyal positif bahwa industri otomotif dalam negeri, terutama kendaraan elektrifikasi akan semakin tumbuh kuat di masa mendatang.

Adapun dominasi raihan 411 SPK pada Kijang Innova Zenix HEV, mampu merefleksikan apresiasi masyarakat terhadap model eletrifikasi secara umum dan Kijang secara spesifik.

Baca juga: Honda Masih Studi Soal Mobil Hybrid Selanjutnya

Toyota Yaris Cross Hybrid di IIMS 2024KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Toyota Yaris Cross Hybrid di IIMS 2024

Dengannya, memperkuat posisi mobil keluarga 7-penumpang buatan dalam negeri tersebut menjadi kendaraan roda empat atau lebih hybrid terlaris di Indonesia.

Sebab diketahui, pada Januari 2024 saja, Kijang Innova Zenix HEV mampu mendominasi penjualan dari seluruh mobil Hybrid di Indonesia dengan 55,3 persen atau 2.595 unit.

Secara total, jumlah pemesanan mobil listrik dari Toyota yang berhasil dibukukan pada IIMS 2024 mencapai 762 SPK. Jumlah ini meningkat hingga 5 kali lipat dibandingkan pameran serupa tahun sebelumnya di angka 150 SPK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com