Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorna Sports Mau Diambil Alih Perusahaan Pemilik Formula 1

Kompas.com - 27/02/2024, 08:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan pemilik Formula 1, Liberty Media Corporation, semakin dekat mengambil alih manajemen kejuaraan dunia MotoGP, Dorna Sports. Kabarnya, nilai pembelian sebesar 4 juta euro telah ditawarkan.

Dilansir dari Motosan (26/2/2024), kedekatan Liberty Media dengan dunia MotoGP bukanlah hal baru. Pada April 2023, kedua kompetisi mengadakan pembicaraan untuk menyelenggarakan Grand Prix secara bersamaan.

Perusahaan tersebut berharap MotoGP dan Formula 1 dapat berlomba pada akhir pekan yang sama, di tempat yang sama dan waktu yang sama.

Baca juga: Jumlah Pengunjung IIMS 2024 Meningkat 20 Persen

Tim balap Formula 1 (F1) Red Bull Racing Honda raih kemenangan beruntun ke-11 kalinya di 2023Dok. Honda Tim balap Formula 1 (F1) Red Bull Racing Honda raih kemenangan beruntun ke-11 kalinya di 2023

Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna Sports, tidak menampik hal tersebut. Ia bahkan telah berulang kali membicarakan tentang rencana menjual hak komersial MotoGP.

“Tanda-tandanya selalu ada. Saya membenarkan rumor tersebut, tapi saya ingin tahu siapa yang menyebarkannya,” ujar Ezpeleta.

“Juga karena setiap hari saya menerima dua atau tiga panggilan dari lembaga kredit: mereka bertanya apakah benar kami akan dijual,” kata dia.

Baca juga: Ford Siap Luncurkan Mobil Baru, Dimensi Lebih Kecil dari Everest

Sebelumnya, Ezpeleta pernah menjelaskan bahwa saat ini saham Dorna Sports dimiliki beberapa pihak termasuk dirinya secara pribadi.

Jadi semuanya bisa terjadi jika mayoritas pemegang saham ingin menjual Dorna Sports kepada pihak lain.

Saat ini, Ezpeleta mengaku hanya mencoba bertahan semaksimal mungkin dengan meningkatkan level pertunjukan di atas trek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com