Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorna Menyarankan Tim MotoGP Punya Pebalap Cadangan

Kompas.com - 05/02/2024, 11:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah diperkenalkannya Sprint Race pada tahun lalu, jumlah kecelakaan di antara para pebalap MotoGP terus meningkat.

Tren ini tampaknya akan berulang setidaknya sampai Dorna mengubah regulasi mengenai teknis motor secara besar-besaran mulai 2027.

Dorna tengah memperlajari perangkat aerodinamis, holeshot, hingga menurunnya kapasitas mesin dari 1.000 cc menjadi 850 cc.

Baca juga: Ini Daftar Kode Pelat Nomor Dewa Terbaru, Total Ada 8

Crash Marc Marquez dan Miguel Oliveria di tikungan ketigatwitter.com/motogp Crash Marc Marquez dan Miguel Oliveria di tikungan ketiga

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, menyarankan solusi sementara untuk pabrikan, sebelum adanya regulasi baru yang baru diberlakukan beberapa tahun ke depan.

Salah satunya adalah menyiapkan pebalap cadangan, agar tiap pabrikan tidak begitu dirugikan jika pebalapnya mengalami crash dan cedera.

Menurut Ezpeleta, seluruh pabrikan harus segera mencari pembalap cadangan seperti yang sudah dilakukan KTM.

Baca juga: Cek Harga Toyota Voxy Bekas, mulai Rp 335 Jutaan

"Aku tak tahu apakah mereka paham atau tidak. Tapi mereka harus memutuskan," kata Ezpeleta, dilansir dari Corsedimoto (4/2/2024).

"Saat ini yang punya pembalap cadangan baru KTM, dengan Pol Espargaro dan Dani Pedrosa," kata dia.

Seperti diketahui, ada sejumlah alasan yang dianggap menjadi penyebab meningkatnya jumlah crash dan pembalap cedera di MotoGP.

Baca juga: PO Sant Gold Buka Trayek Depok - Yogyakarta Pakai Bus Double Decker

Joan Mir telah mengalami 8 kali crash pada 4 seri pembuka MotoGP 2023todocircuito.com Joan Mir telah mengalami 8 kali crash pada 4 seri pembuka MotoGP 2023

Pertama adalah soal hadirnya balapan sprint, yang secara psikologis membuat para pebalap lebih terpacu untuk menjalani balapan pendek tersebut.

Kedua adalah jadwal padat, karena adanya 20 seri dengan masing-masing dua balapan sehingga membuat peluang crash semakin besar.

Ketiga mengenai motor yang semakin kencang, juga dampak aerodinamika yang membuat motor di belakang menjadi sulit dikontrol dan banyak crash terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com