Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Kecelakaan, Dorna Tetap Pertahankan Sprint Race MotoGP 2024

Kompas.com - 11/12/2023, 12:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber PaddockGP

JAKARTA KOMPAS.com - Direktur Olahraga Dorna Sport, promotor MotoGP, Carlos Ezpeleta, mengatakan bakal tetap mempertahankan konsep sprint race karena terbukti membawa keuntungan buat MotoGP.

Carlos Ezpeleta mengatakan, semenjak ada sprint race jumlah penonton terus meningkat. Sebab balapan pendek di hari sabtu tersebut dapat meningkatkan rasa penasaran penonton untuk melihat aksi pebalap selanjutrnya pada hari minggu.

Baca juga: Teknologi AdBlue yang Dipakai UD Truck buat Tekan Emisi

"Format baru ini sangat positif. Angka-angka tersebut membuktikannya sendiri, kami memiliki penonton terbanyak dalam satu musim dengan peningkatan penonton yang signifikan antara tahun lalu dan tahun ini,” katanya dilansir dari PaddockGP, Senin (11/12/2023).

Dorna Chief Sporting Officer Carlos Ezpeleta memuji infrastruktur Pertamina Mandalika International Circuit yang semakin baik dari sebelumnya. Dok. Pertamina Dorna Chief Sporting Officer Carlos Ezpeleta memuji infrastruktur Pertamina Mandalika International Circuit yang semakin baik dari sebelumnya.

Namun, Carlos Ezpeleta tidak menutup mata bahwa konsep balapan ini membuat persentase kecelakaan meningkat. Bukan cuma jumlah kecelakaan tapi kecelakaan berat yang menimpa para pebalap.

“Sayangnya kami mengalami sejumlah cedera di awal musim dan butuh beberapa waktu bagi tim dan pebalap untuk terbiasa dengan prosesnya," ungkapnya.

"Saya pikir sekarang mereka telah memahami hal itu dan melihat risiko dan manfaatnya pada hari Sabtu dan Minggu, segalanya menjadi sedikit lebih stabil,” kata Carlos Ezpeleta.

Carlos Ezpeleta mengatakan banyak berbicara dengan para pebalap, yang memiliki suara yang kuat di MotoGP. Dia menegaskan bahwa timnya tidak pernah tertutup terhadap saran perubahan yang lebih baik termasuk menyetop sprint race.

Baca juga: Modifikasi Tesla Cybertruck, Ceper Pakai Wide Body

Jorge Martin alami lowside di MotoGP MandalikaTwitter.com/motogp Jorge Martin alami lowside di MotoGP Mandalika

“Jika diperlukan untuk melakukan perubahan, kami melakukannya," katanya.

"Oleh karena itu, pada pertengahan musim, kami menjadikan sesi latihan pertama pada hari Jumat sebagai sesi latihan bebas dan kami akan terus melakukan perubahan di masa depan jika diperlukan demi alasan keselamatan," ujarnya.

Namun tentu saja, tapi Carlos Ezpeleta juga memberi batasan pada ide-ide pebalap, dan mengatakan pada dasarnya akan teta[ mempertahankan konsep sprint race karena terbukti membawa keuntungan bagi MotoGP.

"Kami bermaksud mempertahankan format ini karena format ini bekerja dengan sangat baik, baik dengan penonton di trek maupun penonton di rumah,” ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com