Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumors Dorna Sports Mau Jual Hak Komersial MotoGP

Kompas.com - 02/01/2024, 12:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dorna Sports, perusahaan pemegang hak komersial MotoGP asal Spanyol, kabarnya akan dijual kepada pihak lain. Dengan beralihnya kepemilikan MotoGP segala hal kemungkinan dapat berubah.

CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta mengatakan, pihaknya telah mengonfirmasi rumors soal penjualan perusahaan yang dipimpinnya kepada pihak lain.

Informasi itu sudah ramai sejak beberapa tahun terakhir, namun hingga saat ini memang masih belum ada kepastian.

Baca juga: Harga BBM Pertamina 1 Januari 2024, Harga Pertamax Turun Lagi

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta saat menyambangi progres pembangunan sirkuit MotoGP di Mandalika, Lombok Tengah, Senin (28/10/2019)KOMPAS.COM/IDHAM KHALID CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta saat menyambangi progres pembangunan sirkuit MotoGP di Mandalika, Lombok Tengah, Senin (28/10/2019)

"Aku mengonfirmasi rumors soal penjualan itu, tapi sebenarnya aku sudah mendengarnya selama bertahun-tahun ini," ujar Ezpeleta, dilansir dari Paddock GP, Senin (1/1/2024).

Saat ini, Ezpeleta mengaku hanya mencoba bertahan semaksimal mungkin dengan meningkatkan level pertunjukan di atas trek.

"Kami bisa saja menyerahkannya, atau lanjut, tapi belum ada keputusan. Tapi saat ini kami (Dorna) menyukai produknya," ucap Ezpeleta.

Baca juga: PO Mtrans Rilis Bus Tingkat Baru, Pakai Layanan Pramugari

Seperti diketahui, bergabungnya Marc Marquez ke Ducati diharapkan bisa meningkatkan popularitas MotoGP kembali seperti beberapa tahun silam.

"Marc Marquez ke Ducati akan membuat kejuaraan lebih seimbang dari sebelumnya. Dorna siap lanjut dengan kepemilikan yang sama atau melepasnya jika mereka memang memutuskan itu," kata Ezpeleta.

Ezpeleta menjelaskan, saat ini saham Dorna Sports dimiliki beberapa pihak termasuk dirinya secara pribadi.

Baca juga: Jatah Bensin Sopir Diler Saat Antar Mobil Baru ke Konsumen

Pebalap Pramac Racing, Jorge Martin, memimpin balapan Sprint Race MotoGP San Marino 2023 di Sirkuit Misano, Sabtu (9/9/2023). Artikel ini berisi klasemen MotoGP 2023. (Photo by Filippo MONTEFORTE / AFP)AFP/FILIPPO MONTEFORTE Pebalap Pramac Racing, Jorge Martin, memimpin balapan Sprint Race MotoGP San Marino 2023 di Sirkuit Misano, Sabtu (9/9/2023). Artikel ini berisi klasemen MotoGP 2023. (Photo by Filippo MONTEFORTE / AFP)

Jadi semuanya bisa terjadi jika mayoritas pemegang saham ingin menjual Dorna Sports kepada pihak lain.

"Tapi mereka jelas menyukai produk dan ramuan yang bekerja dengan balapan sprint. Kami sudah mengubah formulanya, dan berhasil," ucap Ezpeleta.

"Sprint masih menjadi pusat pertunjukan. Dari sisi olahraga kami berada di trek yang benar, dari segi komersial dan promosi masih harus ditingkatkan. Kami harus beradaptasi dan perubahan adalah hal bagus," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com