Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Teknik Mengurangi Kecepatan Mobil Manual | Penyebab Rem Belakang Aerox Hangus | Sensasi Kokpit Pesawat di Kabin Xforce

Kompas.com - 27/02/2024, 06:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masih banyak pembaca yang penasaran tentang teknik berkendara mobil manual. Khususnya, saat mengurangi kecepatan. Kemudian, banyak juga yang ingin tahu tentang penyebab rem belakang Yamaha Aerox hangus terbakar.

Selain itu, tak sedikit yang ingin mengetahui soal sensasi kokpit pesawat di kabin Mitsubishi Xforce.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini deretan artikel terpopuler pada Senin (26/2/2024):

1. Teknik Mengurangi Kecepatan Mobil Manual, Langsung Injak Rem atau Kopling?

Lexus RZ model transmisi sekuensial ini dilengkapi pedal koplingKeitaSawa Lexus RZ model transmisi sekuensial ini dilengkapi pedal kopling

Berkendara dengan mobil transmisi manual memerlukan teknik yang tepat untuk mengoperasikan pedal rem dan kopling. Seperti saat mengurangi kecepatan atau melakukan deselerasi, pengemudi membutuhkan teknik yang tepat untuk menggunakan mobil manual di jalan.

Terdapat dua teknik yang biasanya diterapkan oleh pengguna mobil manual, pertama injak pedal kopling dahulu baru rem dan kedua injak rem baru kopling. Lantas, bagaimana cara yang tepat saat mengurangi kecepatan pada mobil manual?

Baca juga: Teknik Mengurangi Kecepatan Mobil Manual, Langsung Injak Rem atau Kopling?

2. Apa Benar Servis Mobil Cukup Ganti Oli dan Filter Saja?

Proses gurah mesin di Aha Motor YogyakartaKompas.com/Erwin Setiawan Proses gurah mesin di Aha Motor Yogyakarta

Setiap mobil membutuhkan perawatan secara rutin agar performanya tetap prima. Namun, di kalangan masyarakat beredar kabar bahwa servis mobil cukup dengan melakukan penggantian oli mesin dan filternya saja atau tidak perlu tune up dan sejenisnya.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan anggapan servis mobil rutin cukup dengan ganti oli dan saringannya saja tidaklah tepat.

Baca juga: Apa Benar Servis Mobil Cukup Ganti Oli dan Filter Saja?

3. Penyebab Rem Belakang Yamaha Aerox Hangus Terbakar

Knalpot dan shockbreaker modifikasi pada Yamaha Aerox 155KOMPAS.com/daafa Knalpot dan shockbreaker modifikasi pada Yamaha Aerox 155

Pada video yang diunggah akun maticduniawi di Instragram, memperlihatkan Yamaha Aerox yang bagian rem belakang hangus terbakar. Kelihatan bagian tromol seperti gosong dan mengeluarkan asap. Bahkan peleknya yang berwarna putih jadi berubah jadi merah kehitaman.

Sebenarnya, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kejadian tromol hangus di Yamaha Aerox 155. Paling krusial adalah menggunakan suku cadang kampas rem yang tidak sesuai standar bawaan.

Baca juga: Penyebab Rem Belakang Yamaha Aerox Hangus Terbakar

4. Sama-sama 1.500 cc, Tiggo 5X Vs Wuling Alvez Mana Paling Bertenaga?

Chery Tiggo 5XKOMPAS.com/STANLY RAVEL Chery Tiggo 5X

Chery Tiggo 5X resmi meluncur dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, dan jadi pelengkap bagi keluarga Tiggo di Tanah Air. Hadir sebagai sport utility vehicle (SUV) ringkas yang mampu menampung lima orang penumpang, Tiggo 5X akan berhadapan dengan beberapa rival yang sudah lebih dulu meluncur.

Salah satu rival yang cukup sebanding adalah Wuling Alvez. Selain bermain di segmen yang sama dan punya daya tampung penumpang 5 orang, secara kapasitas mesin keduanya juga serupa.

Baca juga: Sama-sama 1.500 cc, Tiggo 5X Vs Wuling Alvez Mana Paling Bertenaga?

5. Sensasi Kokpit Pesawat di Kabin Mitsubishi XForce

Tampilan modern Smartphone-Link Display Audio berukuran 12.3 inci dan Digital Driver Display berukuran 8 inci pada bagian dasbor Mitsubishi XFORCE.Dok. MMKSI Tampilan modern Smartphone-Link Display Audio berukuran 12.3 inci dan Digital Driver Display berukuran 8 inci pada bagian dasbor Mitsubishi XFORCE.

Mitsubishi XForce tak hanya datang dengan modal tampilan sporty yang kental nuansa futuristik, tapi juga ragam fitur mewah yang ikut disematkan. Hadir sebagai pemain baru di kelas sport utility vehicle (SUV) segmen B, XForce menawarkan sensasi berkendara yang pastinya berbeda dari para rivalnya.

Kehadiran fitur baru yang bisa ditemui pada SUV ringkas ini, tentu saja tak sekadar gimik, tapi punya fungsi yang sangat membantu pengendara.

Baca juga: Sensasi Kokpit Pesawat di Kabin Mitsubishi XForce

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com