Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Juragan 99 Siapkan 2 Unit Sleeper Bus Baru Desain Unik

Kompas.com - 19/02/2024, 08:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan otobus (PO) Juragan 99 Trans akan meluncurkan dua unit sleeper bus baru. Kabar ini diketahui melalui unggahan foto pada akun Instagram @juragan99trans. 

Pada foto tersebut, terlihat calon bus baru milik PO Juragan 99 Trans sedang berada di garasi Karoseri Adiputro. Hanya saja, dari bentuk bus itu menuai banyak perhatian pengguna media sosial lantaran punya bentuk unik, berbeda dari biasa.

Bila biasanya sleeper bus buatan Karoseri Adiputro menggunakan bodi jenis Jetbus 5  MHD dengan desain kabin Dream Coach. Kali ini bus tampil unik dengan bodi Ultra High Decker (UHD) dengan desain kabin Dream Coach.

Dream Coach merupakan nama desain kabin bus buatan Karoseri Adiputro yang punya tampilan menyerupai hotel kapsul.

Baca juga: Voltage Stabilizer Khusus Mobil Sport Tersedia di IIMS 2024

Sementara itu, bodi Jetbus 5 UHD punya dimensi yang mirip dengan double decker atau bus tingkat. Namun, bus UHD terdiri atas satu lantai untuk penumpang, sedangkan double decker punya lantai bawah dan atas.

Kelebihan dari bus UHD adalah bagasinya yang super lega lantaran tinggi bus 4 meter, bagasinya bisa dimuat motor dan tentunya lebih banyak barang. Maka dari itu, yang membuat bodi bus ini terlihat berbeda, bagasinya kini hadir lebih luas lantaran bus lebih tinggi. Sebab, apabila menggunakan bodi MHD, ukuran bagasinya akan sempit. 

Calon bus baru PO Juragan 99 TransInstagram @juragan99trans Calon bus baru PO Juragan 99 Trans

Dengan dimensi yang besar, bodi bus ini cocok memakai sasis jenis tronton. Berdasarkan foto teersebut, terdapat petunjuk bila bus ditopang oleh sasis dari Volvo. Sasis bus itu punya jumlah as roda tiga atau triple axle. 

Akan tetapi, belum diketahui bagian interior bus akan seperti apa. Masih dirahasiakan nantinya bus ini akan digunakan untuk divisi AKAP atau pariwisata. Namun, dari segi visual eksterior, bus ini tetep menggunakan DNA dari PO Juragan 99 dengan kelir merah dan hitam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com